Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... R Java

"Write Like Nobody Will Rate You!"

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Membandingkan Kinerja Gubernur Podium dengan Gubernur Lapangan

17 Mei 2020   14:14 Diperbarui: 17 Mei 2020   21:49 1198 29 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membandingkan Kinerja Gubernur Podium dengan Gubernur Lapangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers penanganan wabah corona, 02/ 03/ 2020 (kompas.com).

Kepala pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sudah lengkap dengan terpilihnya Riza Patria sebagai wagub pendamping  Anies Baswedan. Namun hingga kini belum begitu terlihat kemunculan mereka berdua di tengah warga atau ke luar balai kota untuk melihat kondisi nyata di lapangan.

Tampilnya  Gubernur Anies Baswedan dalam  konferensi pers  atau wawancara yang cukup sering ternyata  tak luput dari pengamatan  Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya. Kritikannya ia ulang kembali  ketika mengomentari  kunjungan Anies ke perpustakaan Fadli Zon.

Yunarto Wijaya  (tribunnews.com, 14/ 05/ 2020):

"Wah hebat juga gubernur lbh punya waktu kunjungi koleksi keris teman dibanding check kondisi masyarakatnya."

Fadli Zon sendiri mengakui bahwa dalam kunjungan selain melihat-lihat koleksi benda antik miliknya, ia juga berdiskusi soal penanganan wabah corona.

Setali tiga uang dengan Anies, Wagub Riza Patria pun belum terlihat tampil di tengah permasalahan yang dihadapi penduduk Jakarta. Padahal banyak yang perlu dicek di lapangan, misalnya distribusi bantuan sosial yang kerap bermasalah atau ketaatan warga dalam menjalankan social distancing selama masa PSBB.

Di luar pandemi Covid-19, masalah-masalah akut Jakarta tentunya tidak hilang begitu saja dengan menghangatnya isu wabah. Kemacetan jalan mungkin berkurang seiring dengan pembatasan aktivitas, tetapi masalah lain seperti penanggulangan banjir perlu secara konsisten dituntaskan juga. Justru pada masa musim kemarau adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

Fadli Zon menerima kunjungan Gubernur Anies di perpustakaan miliknya (twitter.com/ @fadlizon).
Fadli Zon menerima kunjungan Gubernur Anies di perpustakaan miliknya (twitter.com/ @fadlizon).
Melihat aksi gubernur lapangan

Berbeda dengan Jakarta, kepala daerah di provinsi lain relatif lebih aktif  terjun ke lapangan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wagub Uu Ruzhanul Ulum terlihat tampil di  tengah warga  untuk memantau situasi dan kondisi. Mereka berinteraksi langsung masyarakat dalam kegiatan-kegiatan seperti pembagian bantuan sosial, kunjungan ke pabrik masker, hingga pengecekan pelaksanaan PSBB.

Jatim dan Jateng juga bergerak di bawah.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Dardak tak kalah gesit di lapangan. Memantau kegiatan umum selama pandemi yaitu pembagian sembako, melihat rumah sakit rujukan RS Unair, hingga melihat realisasi pelaksanaan e-Warung di daerah.

Laporan Jawa Tengah apalagi, Gubernur Ganjar Pranowo nyaris tiap hari melaporkan kegiatannya lewat medsos miliknya. Tidak hanya soal bantuan pangan untuk warganya yang terdampak corona, Ganjar juga memeriksa kondisi mahasiswa perantauan, mengawasi simulasi kerja di pabrik dengan protokol social distancing, hingga menegur warga melanggar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x