Mohon tunggu...
Agung Christanto
Agung Christanto Mohon Tunggu... Guru - guru SMA

Bimantara:Dari nol belajar Menggali dari pengalaman pribadi yang menginspirasi untuk sesama:demah

Selanjutnya

Tutup

Diary

Catatan Pribadi: Menciptakan Efektifitas dengan Kerja Sama Tim

15 Maret 2024   09:09 Diperbarui: 15 Maret 2024   09:19 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Catatan Pribadi Pengembangan Diri Guru:CIPTAKAN efektif dengan kerja sama tim

Refleksi:

Pada hari ini, saya mengikuti kegiatan pelatihan dan pengembangan diri guru yang diadakan di sekolah. Kegiatan ini membahas tentang "Pengembangan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dengan Kerja Sama Tim". Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan membuka wawasan saya tentang pentingnya kolaborasi dan sinergi antar guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkesan bagi siswa.

Hari ini saya ingin merefleksikan perkembangan diri saya sebagai seorang guru di sekolah, khususnya dalam konteks upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan kerja sama tim. Berikut adalah refleksi, evaluasi, aksi nyata, dan tindak lanjut yang telah saya lakukan:

Refleksi:

1. Pengalaman Mengajar: Saya merenungkan pengalaman mengajar selama beberapa bulan terakhir. Saya menemukan bahwa ada beberapa area di mana saya dapat meningkatkan pendekatan pengajaran saya.

2. Kerja Sama Tim: Saya memikirkan sejauh mana saya telah berkontribusi dalam tim pengajar kami. Apakah saya telah menjadi anggota yang aktif dan berkontribusi dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif?

Evaluasi:

1. Kelebihan dan Kekurangan: Saya mengidentifikasi kelebihan saya dalam hal pengelolaan kelas dan keterampilan menyampaikan materi dengan jelas. Namun, saya juga menyadari bahwa saya perlu meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

2. Kontribusi dalam Tim: Saya mengevaluasi kontribusi saya dalam tim pengajar. Apakah saya telah berpartisipasi aktif dalam rapat tim, memberikan masukan yang berharga, dan bersedia untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan?
Sebelumnya, saya merasa kurang mampu dalam mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Saya sering terpaku pada metode pembelajaran tradisional dan kurang berani mencoba hal baru. Namun, setelah mengikuti pelatihan ini, saya mendapatkan banyak inspirasi dan ide untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Aksi Nyata:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun