Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Part of #Commate'22-23 - KCI | Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Lagu Ramadan Favorit Generasi 80-an ala Saya

22 April 2021   16:44 Diperbarui: 22 April 2021   16:48 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompasianer, yang angkatan 80-an mana suaranya --hehe.  Bagi yang usia 40-an ke atas, saya yakin sudah melampaui banyak suasana Ramadan. Termasuk soal lagu atau musik, yang diidentikan dengan bulan puasa.

Saya menandai (setidaknya) tiga lagu tema Ramadan, membuat terngiang di telinga dan menempel di benak. Adalah lagu "Tuhan dari Bimbo", "Insya Allah - Maher Zain" dan "Ramadan Datang- Tompi".

Mendengar tiga lagu ini, bagi saya bisa mewakili tiga masa menjalankan ibadah puasa

"Puasa -- Bimbo" 

Saya masih ingat, ketika berseragam merah hati putih. Kala itu layar tv masih tabung, dan gambarnya hitam putih. Hanya ada satu chanel menyelenggarakan siaran yaitu TVRI.

Stasiun tv milik pemerintah, siaran dimulai sekira pukul empat sore. Hiburan pagi hari sampai ashar di kampung, adalah mendengarkan Radio.

Seingat saya, kali pertama lagu Puasa dari radio. Ibu punya kebiasaan rutin, memutar radio transistor dua band di dapur, sembari menyiapkan menu berbuka. Sejak saat itu, saya mulai familiar dengan lagu ini.

Puasa puasa sebulan penuh puasa 

Puasa puasa Ramadan bulan mulia 

Puasa puasa wajib bagi yang beriman

Puasa puasa sebetulnya menyehatkan

Kompasianer, coba rasakan getaran lagu ini begitu menyentuh di kalbu. Syairnya sangat mudah diingat, bahasa digunakan bahasa keseharian. Tetapi pesan disampaikan sangat mendalam, mampu menggugah kesadaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun