Mohon tunggu...
agoeng widyatmoko
agoeng widyatmoko Mohon Tunggu...

Saya adalah pemerhati bangsa dan sekaligus praktikan yang peduli pada perubahan diri dan lingkungan. Untuk hidup, saya menulis banyak hal. Dan kini, saya hidup untuk menulis dan menginspirasi dengan cara-cara yang sederhana, namun mudah dimengerti dan dipraktikkan bersama.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

10 Dosa "Zaman Now", Nomor 5 yang Paling Sering Tidak Disadari

27 Desember 2017   13:46 Diperbarui: 27 Desember 2017   13:51 2797 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Dosa "Zaman Now", Nomor 5 yang Paling Sering Tidak Disadari
http://islamidia.com

Zaman sekarang saat semua sudah makin maju teknologinya, ternyata makin unik juga kelakuan di sekitaran kita. Termasuk, makin banyak juga "kebiasaan" dosa yang dilakukan. Dosa kok kebiasaan? Nah, ini buktinya. Ternyata, seiring kemajuan, ada beberapa dosa yang---entah disadari atau tidak---sering kita lakukan. 

Atau, jangan-jangan malah nggak nyadar kalau itu adalah dosa? Yuk, cek saja sendiri, dosa zaman now yang mungkin sering kita lakukan:

1. Ikut sebar berita tanpa cek ricek

Nah, ini salah satu yang sering bikin heboh. Banyak berita tanpa sumber jelas yang bertebaran. Baik di sosial media, blog, hingga perbincangan di Whatsapp. Karena dianggap penting, tanpa cek dan ricek, langsung ikut menyebarkan. Padahal, jika ternyata berita itu salah, artinya kita sudah ikut memfitnah. Nah, sadar kan? Fitnah itu salah satu bentuk dosa. Makanya, kalau mau ikut sebarkan informasi yang sumbernya belum jelas, cek dan ricek dulu ya. 

2. Pake wifi kantor utk kerjaan pribadi

Hayo ngaku, siapa yang sering melakukan hal ini? Sepertinya sepele. Tapi namanya fasilitas kantor, kalau dipakai bukan semestinya itu sudah termasuk pencurian kecil loh. Kecuali sudah ada aturan, silakan bebas pakai wifi untuk semua keperluan, termasuk kepentingan pribadi, itu lain soal. Lagian, kalau jam kantor buat ngerjain hal di luar kepentingan kantor, itu kan masuk korupsi waktu juga kan? Nah, hati-hati, dobel dosa loh. 

3. Ngecas baterai tanpa izin yang punya colokan

Listrik itu harus dibayar kan? Nah, kalau kamu ngecas baterai tanpa izin, itu sama juga dengan nyolong listrik loh. Kecuali, sudah ada tulisan free alias colokan gratis, itu tentu sudah halal. Jadi, biasakan minta izin dulu ya. 

4. Pake wifi umum yang nggak ada keterangan gratis

Ini juga paling sering dilakukan, cari-cari wifi gratisan! Kalau jelas ada tulisan gratis atau tulisan for visitor, free, dan sejenisnya sih oke. Tapi, kalau suatu kali kamu ketemu wifi yang tidak di-lock password dan bisa langsung pakai padahal nggak ada tulisan gratis, bisa jadi itu artinya kamu juga sedang mencuri fasilitas yang entah dibayar oleh siapa. Kan, untuk akses data di internet itu juga harus dibayar? Hayo, siapa yang sudah pernah melakukan ini?

5. Download film bajakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x