Mohon tunggu...
Agnes Claristia
Agnes Claristia Mohon Tunggu... Lainnya - Psychology Student at Universitas Tarumanagara

agnesclaristia@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ketahui Ini Sebelum Menentukan Target Anda

22 Juli 2021   16:43 Diperbarui: 23 Juli 2021   00:07 66 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketahui Ini Sebelum Menentukan Target Anda
Ilustrasi Target (Sumber: engin akyurt on Unsplash)

Halo, kembali lagi bersama saya… 

Sebelumnya kita telah membahas 3 dari 5 sindrom tubuh yaitu crying syndrome, responsibility syndrome, dan sexual frustration or guilt syndrome. Nah, kali ini kita akan membahas kelanjutannya, Fight or Reaching Syndrome.

Untuk pembaca yang pernah merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu tanpa ada sebab yang jelas, menahan sesuatu namun tidak dapat mengungkapkannya, atau merasa bersalah hingga tidak bisa memaafkan diri sendiri, namun hingga saat ini belum menemukan alasan dan cara menanganinya. Anda harus membaca ketiga artikel sebelumnya, karena pembahasan ini sangat cocok untuk anda.

Dalam kehidupan ini, kita semua pasti memiliki tujuan, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya, saat masa anak-anak, kita ingin mendapat mainan, saat beranjak remaja, kita ingin membeli gadget terbaru, hingga saat dewasa, kita ingin membeli rumah, mobil, dll.

Pada dasarnya, kita memiliki dorongan untuk mencapai sesuatu yang kita dambakan/inginkan. Tidak heran jika kita akan melakukan segala hal/usaha untuk mencapainya.

Tidak hanya keinginan pribadi yang menjadi tujuan dalam hidup, namun terdapat juga keinginan atau standar orang lain yang ditetapkan pada diri seseorang. Misalnya, keinginan atau standar yang ditetapkan oleh orang tua terhadap anaknya, orang tua ingin anaknya menjadi seorang dokter.

Namun, apakah anda pernah merasa kesulitan untuk mencapai suatu tujuan atau sesuatu yang diharapkan orang lain?

Saya memiliki sebuah cerita sebagai ilustrasi, yang telah saya samarkan identitasnya…

Tere adalah seorang anak pertama dari tiga bersaudara. Sebagai anak pertama ia diminta ayahnya untuk selalu menjadi orang nomor 1 dalam segala hal, misalnya dalam pendidikan, pekerjaan, prestasi non-akademik. Hal itu diminta ayah Tere semata-mata agar Tere dapat menjadi contoh bagi adik-adiknya.

Tere selalu berusaha untuk memenuhi keinginan ayahnya yaitu selali menjadi pemenang, Ia selalu belajar setiap malam, mengambil beberapa kursus, yang bahkan mengurangi waktunya untuk bermain bersama teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x