Mohon tunggu...
Agin Puspa
Agin Puspa Mohon Tunggu... Content writer

Semua berawal dari keresahan untuk memunculkan gagasan. Penulis 'moody'-an yang demen ngopi. Kadang, cuap-cuap juga di sini: https://www.instagram.com/aginpoespa

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Resep Oatmeal Asin untuk Menu Sarapan

14 Juni 2020   15:01 Diperbarui: 14 Juni 2020   14:51 1090 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Oatmeal Asin untuk Menu Sarapan
Sumber: Dok. pribadi

Sudah familiar dengan bahan pangan bernama oatmeal? Jangan-jangan kita hanya sebatas tahu nama tanpa tahu lebih detail tentang makanan sehat ini. 

Mengutip dari laman Kompas, oatmeal merupakan makanan yang termasuk kelompok gandum utuh (whole grain) yang tinggi serat. Jadi, sudah tidak heran lagi jika oatmeal menempati bahan pangan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin beralih untuk hidup sehat.

Masih dari laman Kompas juga, makanan yang punya indeks glikemik rendah ini bahkan sangat disarankan para praktisi medis dan ahli gizi untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes dan jantung karena khasiatnya yang dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Lalu, apakah yang masih sehat tidak perlu mengkonsumsi oatmeal?

Ya, bebas aja sih terkecuali jika kita ingin memperbaiki asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Oatmeal ini tergolong dalam jenis karbohidrat kompleks yang mana jenis karbo ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. 

Karbohidrat kompleks ini dapat diolah perlahan oleh tubuh kita efeknya bikin kadar gula darah tidak cepat naik sehingga kita punya stok energi yang lebih panjang tanpa menimbun banyak kalori dalam tubuh.

Itu sebabnya oatmeal pun jadi salah satu varian menu diet yang banyak dikonsumsi. Kalau kata Kompas, satu cangkir oatmeal yang dimasak mengandung sekitar 150 kalori dan kita sudah mendapatkan 5 gram serat (sekitar 18 persen dari kecukupan harian), satu sajian whole grain, dan sekitar 6 gram protein (setara dengan telur).

Paling penting banget, mengganti menu sarapan dengan oatmeal memang lebih mengenyangkan. Pengalaman saya yang sudah semingguan ini sarapan dengan oatmeal, bisa tahan nggak ngemil apa pun sampai jam makan siang. 

Rasanya si oatmeal ini memang cukup menjanjikan untuk siapa pun yang ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Ya, walaupun belum bisa mengubah seluruhnya, minimal menu sarapannya sudah sehat, kan.

Jadi, biar tetep nikmat dan lezat dalam mengkonsumsi oatmeal, resepnya gimana sih? Yok, sini saya bisikin nih.

Siapa Bilang Oatmeal Nggak Enak, Begini Cara Bikin Oatmeal Asin Lezat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x