Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Beautiful Writing

Man Saara Ala Darbi Washala

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

3 Cara Pengelolaan "Aging Stock" untuk Tingkatkan Daya Saing Bisnis

5 Oktober 2022   10:36 Diperbarui: 5 Oktober 2022   14:55 221 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis harus memiliki keunggulan daya saing dari sisi harga, kualitas, dan sebagainya | Ilustrasi gambar: Pixabay.com/Shutterbug75

Bisnis adalah persaingan. Barangkali ungkapan itu cukup mewakili realitas bahwa didalam dunia bisnis akan selalu ada kompetisi antar pelaku bisnis, khususnya kategori bisnis yang sejenis. 

Meskipun di era sekarang ini kekhususan tersebut sepertinya hanya sesuatu yang semu karena pada kenyataannya bisnis yang sepertinya tidak memiliki hubungan sama sekali juga harus bersaing satu sama lain.

Persaingan dalam bisnis menuntut kita untuk memiliki kemampuan bersaing yang mumpuni agar tidak terpinggirkan atau tertinggal jauh dari arena kompetisi. Untuk itu kita memerlukan segala atribut yang mampu mendukung kita dalam memenangi persaingan tersebut.

Bagi sebuah bisnis, persaingan biasanya berkaitan dengan siapa yang mampu memberikan produk atau layanan terbaik. Yang memberikan harga paling murah, kualitas paling bagus, service level paling tinggi, brand yang paling populer, dan sejenisnya.

Namun, satu hal yang sangat menentukan didalam jalannya sebuah bisnis adalah menyangkut efisiensi serta produktivitas antar lini penunjang bisnis tersebut.

Bisnis apapun bentuknya haruslah efisien dalam pembiayaan, produktif dalam pekerjaan, dan efektif dalam menjalankan setiap strategi organisasi.

Salah satu diantaranya yaitu dengan mengelola aspek persediaan barang-barang yang terlibat dalam aktivitas sebuah bisnis. Baik itu barang-barang yang berkontribusi langsung terhadap pembentukan sebuah produk, produk itu sendiri, ataupun barang-barang lain yang menjadi atribut pelengkap pemasaran produk.

Periode aging stock dari beberapa jenis barang khususnya bahan baku, bahan penunjang, produk jadi, dan atribut pelengkap barang jadi haruslah dikelola secara tepat agar tidak terlalu lama mengendap di ruang penyimpanan.

Aging stock akan menghambat perputaran modal bisnis, mengurangi kelincahan suatu unit bisnis untuk beradaptasi terhadap perubahan, serta menghambat akselerasi bisnis untuk tumbuh dan berkembang secara layak.

Oleh karena itu, beberapa cara atau upaya pengelolaan mungkin perlu dilakukan supaya level aging stock tetap terjaga dan secepat mungkin terus mengalami perputaran stok secara berkala. Diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan