Mohon tunggu...
Agil S Habib
Agil S Habib Mohon Tunggu... Insinyur - Mind Palace

Man Shabara Zhafira

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Agar Bisnis Tumbuh Berkelanjutan, 4 Jenis "Aset Tak Berwujud" Ini Wajib Diperhatikan

17 Mei 2022   15:47 Diperbarui: 19 Mei 2022   14:00 870 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Aset Tak Berwujud | Sumber gambar: iStockphoto/designer491 

Selama momen pandemi Covid-19 melanda kita cukup banyak menyaksikan ada begitu banyak pelaku bisnis yang terjerembab dan mengalami keterpurukan. Tapi disisi lain kita justru melihat anomali, di mana beberapa jenis usaha tertentu malah tumbuh pesat secara luar biasa.

Fenomena ini mungkin bagi sebagian orang dianggap sebagai peristiwa yang aneh. Meskipun jika ditilik lebih lanjut ternyata ada sebuah aspek besar yang memiliki kontribusi cukup signifikan dalam mengerek pertumbuhan bisnis menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Riset McKinsey menunjukkan bahwa ada beberapa perusahaan mengalami pertumbuhan yang jauh mengungguli beberapa kompetitornya. Bahkan dalam 25 tahun terakhir ini aspek tersebut berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis hingga mencapai 29 persennya. Yang disinyalir juga hal itu akan terus memberikan dampak signifikan dalam menciptakan pertumbuhan yang semakin baik di masa yang akan datang.

Hal ini berkaitan dengan atensi para pelaku bisnis terhadap aset tidak berwujud yang dimiliki dalam tubuh organisasi bisnis mereka. Aset tersebut akan berkontribusi penting dalam menopang pertumbuhan berkelanjutan. Sehingga sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk memiliki sekaligus mengembangkannya.

Terdapat setidaknya 4 jenis aset tidak berwujud (intangible asset) yang perlu diberikan prioritas dalam menanamkan investasi guna tujuan pengembangan aspek-aspek penting dalam bisnis. Aspek-aspek tersebut antara lain:

<1- Aset Inovasi

Dalam buku berjudul Always Day One karya Alex Kontrowitz diungkapkan bahwa salah satu resep sukses perusahaan ecommerce dunia, Amazon, menguasai pangsa pasar adalah berkat adanya budaya inovasi yang sangat dikedepankan oleh sang pemilik, Jeff Bezos, kepada seluruh jajarannya.

Inovasi yang terus diberlakukan oleh Amazon terbukti menjadi aset yang luar biasa sehingga menjadikan perusahaan tersebut terus berkembang dan mampu secara cepat menyesuaikan dinamika perubahan yang terjadi begitu cepat di era digital seperti sekarang.

Inovasi bukan sekadar aset berharga. Hal itu juga sangat membantu bisnis untuk menjadi lebih kreatif dan adaptif terhadap seluruh perubahan yang ada. Sehingga apabila sebuah bisnis ingin terus eksis maka aspek inovatif ini tidak bisa diabaikan. 

<2- Aset Digital dan Analitis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan