Mohon tunggu...
AGIL S HABIB
AGIL S HABIB Mohon Tunggu... Just Me..

Berbisik Dalam Sunyi, Bersuara Dalam Senyap

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menyibak Fenomena "Mimpi" sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

11 Juni 2020   07:05 Diperbarui: 11 Juni 2020   07:15 76 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyibak Fenomena  "Mimpi" sebagai Dasar Pengambilan Keputusan
Ilustrasi mimpi | Sumber gambar : .merdeka.com/ lifekacer.com

Lama menghilang dari pemberitaan selebritis tanah air Dorce Gamalama tiba-tiba hadir dengan berita yang mengejutkan. Disebutkan bahwa ia melamar kerja untuk menjadi sopir pribadi dari pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. 

Sebutan bangkut pun dialamatkan oleh para netizen kepada artis senior tersebut. Akan tetapi tudingan itu belakangan dibantas oleh Dorce sendiri dan ia pun membeberkan alasan dari keinginannya untuk menjadi sopir dari Raffi Ahmad.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Melaney Ricardo kepadanya, Dorce menyampaikan bahwa ia sempat melakukan Shalat Istikharah serta menyinggung perihal mimpi yang pernah ia alami. 

Sekilas tentang Shalat Istikharah, shalat ini memang shalat yang memiliki manfaat sebagai sarana seorang muslim untuk mendapatkan petunjuk atas kebingungan, kegalauan, atau kegamangan yang ia miliki. Seperti memilih jodoh, jalan hidup, pekerjaan, dan lain sebagainya. Dan sepertinya Dorce pernah mengalami sebuah mimpi yang luar biasa sehingga ia kemudian menindaklanjutinya melalui Shalat Istikharah. 

Pasca menunaikan ibadah itulah lantas Dorce mendapatkan gambaran akan sosok Raffi Ahmad. Hingga lantas ia memberanikan diri untuk mengutarakan maksudnya tersebut kepada artis multitalenta itu. 

Niat Dorce menjadi sopir Raffi sempat dianggap sebagai guyonan dan Raffi sendiri hampir tidak percaya dengan hal itu. Tapi pada akhirnya Raffi pun mengabulkan permintaan Dorce untuk menjadi sopir pribadinya.

Mimpi Sebagai Dasar Mengambil Keputusan

Apa yang paling menarik dari kisah Dorce yang ingin menjadi sopir Raffi Ahmad ini? Menurut saya pribadi yang paling menarik sebenarnya bukan terkait dunia keartisan, isu bangkrutnya artis senior Dorce Gamalama, atau keinginan seorang artis tenar yang justru ingin menjadi sopir pribadi orang lain. Akan tetapi lebih kepada latar belakang dibalik munculnya keputusan Dorce untuk menjadi sopir itulah yang menarik. Mimpi yang sempat ia alami kemudian ditindaklanjutinya dengan Shalat Istikharah. Sebermakna itukah mimpi yang Dorce alami sampai-sampai ia memutuskan untuk menjadi sopir artis lainnya?

Sebenarnya Dorce bukan orang pertama yang mengalami hal ini. Mengambil keputusan atas dasar mimpi yang pernah seseorang alami. Kisah Nabi Yusuf 'Alaihi Salam dengan seorang Raja Mesir mungkin sudah tidak asing lagi di benak kita. Yaitu tatkala sang raja bercerita  kepada salah seorang bawahannya bahwa ia memimpikan sesuatu yang luar biasa. 

Sang bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina gemuk dimakan oleh tujuh sapi betina kurus serta tujuh bulir gandum hijau dan tujuh bulir gandum kering. Nabi Yusuf AS yang kala itu diminta menafsiri mimpi sang raja bahwa mimpinya itu ialah peringatan dari sang pencipta agar masyarakat bercocok tanam tujuh tahun. Hasil panennya disimpan dan dipakai sedikit-sedikit saja karena setelah itu akan datang tujuh tahun musim paceklik. Berkat penafsiran mimpi Nabi Yusuf AS rakyat mesir kala itu pun terhindar dari bencana kelaparan.

Nabi Yusuf AS sendiri juga pernah mengalami mimpi yang sangat luar biasa. Beliau pernah bermimpi melihat bintang, matahari, dan rembulan bersujud kepadanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x