Mohon tunggu...
Muhammad Ageng Satriyo
Muhammad Ageng Satriyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika. Hobi saya adalah bermain alat musik dan membaca novel.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bahagia Itu Sederhana

29 November 2023   22:55 Diperbarui: 29 November 2023   22:58 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bahagia menurut KBBI adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram, terbebas dari segala yang menyusahkan. Bahagia sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang. Orang yang bahagia akan tenang dalam menjalani kehidupan. Bahagia dapat mengurangi kondisi stres seseorang sehingga kesehatan fisik dan mentalnya meningkat. 

Menurut Martin Seligman, kebahagiaan adalah suatu kondisi dimana seseorang merasakan emosi positif yang menyenangkan dari masa lalu, masa depan, dan masa sekarang sehingga membuat seseorang merasa nyaman, memiliki suasana hati (mood) negatif yang rendah, serta memiliki kepuasan hidup yang tinggi. Kebahagiaan menjadikan seseorang senang dengan apa yang sedang dijalani, tidak merasa terbebani dengan masalah yang sedang dialami, dan menikmati hidup dengan sepenuh hati. 

Bahagia adalah salah satu hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Semua ingin hidup bahagia, namun tidak semua orang dapat mencapainya. Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sulit dicapai. Kebahagiaan tidak selalu diukur dengan sesuatu yang besar dan mahal, bahagia juga dapat tercipta dari hal-hal yang sederhana, seperti menonton film yang disukai, mendengarkan musik, bermain game dan masih banyak lagi. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan kita. Apa saja itu? Nah, berikut adalah beberapa tips agar hidup lebih bahagia: 

1. Perbanyak bersyukur 

Bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan. Ketika anda bersyukur, anda akan fokus pada hal-hal baik yang anda miliki, bukan pada hal-hal yang tidak anda miliki. Cobalah untuk selalu bersyukur atas hal-hal kecil yang anda miliki. Misalnya, anda bisa bersyukur atas makanan yang anda makan, keluarga yang anda miliki, atau kesehatan yang anda miliki. Bersyukur dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Rasa syukur akan mendatangkan ketenangan jiwa. Ketika jiwa tenang, maka stres yang di rasakan juga akan berkurang. Membiasakan diri untuk selalu bersyukur menjadikan anda lebih bahagia dan puas dengan hidup anda. 

2. Rutin berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin, hormon tersebut membantu kita untuk mengurangi stres, meningkatkan mood, meningkatkan rasa percaya diri, dan menghindarkan kita dari depresi. Cobalah untuk berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Anda bisa berolahraga apa saja yang anda sukai, seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda. 

3. Tidur yang cukup 

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk stres, depresi, dan penurunan daya ingat. Sering begadang juga dapat meningkatkan kemungkinan kita terkena masalah kesehatan fisik ataupun mental, karena begadang adalah salah satu penyebab overthinking yang dapat mengganggu kesehatan mental. Dalam sehari, disarankan untuk tidur 7-8 jam agar tubuh menjadi lebih sehat dan fit untuk beraktivitas dalam sehari. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan pikiran menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, penting untuk tidur yang cukup setiap hari. 

4. Lakukan hal-hal yang anda sukai 

Melakukan hal-hal yang disukai dapat membantu anda merasa lebih bahagia dan puas. Saat melakukan hal-hal tersebut, anda akan lebih enjoy dan tidak merasa terpaksa untuk melakukannya. Contohnya seperti bermain game, menonton film, membaca novel, dan lain sebagainya. Cobalah luangkan waktu anda untuk melakukan hal-hal yang anda sukai setiap hari, walaupun sebentar tapi itu berpengaruh terhadap kebahagiaan yang anda rasakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun