Mohon tunggu...
AF Yanda
AF Yanda Mohon Tunggu... wiraswasta -

Suka sepak bola dari lahir,,, Tifosi Milan (Milanisti),,,

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Persiapan dan Polemik Timnas Indonesia di AFF Cup 2016

11 Agustus 2016   14:38 Diperbarui: 12 Agustus 2016   08:33 538 16 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Para pemain Indonesia merayakan gol Cristian Gonzales ke gawang Filipina pada semifinal Piala AFF di Stadion Gelora Bung Karno, 19 Desember 2010. | Foto: BAY ISMOYO/AFP

Bicara tentang perkembangan sepakbola Nasional pasti tidak akan ada habisnya, pun demikian dengan apa yang terjadi pasca dicabutnya sanksi/suspend terhadap Ferderasi sepakbola Indonesia oleh FIFA beberapa waktu yang lalu.

Salah satu kabar yang paling menyita perhatian publik sepakbola Nasional, selain KLB PSSI tentunya, ialah terkait persiapan Timnas senior Indonesia menuju ajang akbar dua tahunan yang mempertemukan tim sepakbola antar negara di kawasan Asia Tenggara yaitu AFF Cup 2016.

Ajang AFF Cup sendiri akan berlangsung pada pertengahan November 2016 mendatang, dimana Myanmar dan Filipinna didapuk untuk menjadi tuan rumah edisi ke-11 dari Kejuaraan Sepak Bola antar negara di kawasan ASEAN ini.

Kembalinya Alfred Riedl

Kembali dipercayanya Alfred Riedl untuk mengarsiteki Timnas senior Indonesia cukup menyita perhatian publik sepakbola Nasional, dimana tidak sedikit dari pecinta sepakbola Nasional yang meragukan kemampuan sang pelatih kawakan tersebut untuk bisa membawa Timnas Indonesia mampu berbicara banyak disemua ajang atau even sepakbola Internasional yang diikuti oleh Timnas Indonesia kedepannya, khususunya di ajang AFF Cup kali ini.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, mengingat sebelumnya “coach Alfred” begitu sapaan akrabnya, memiliki catatan yang kurang baik kala terakhir kali menukangi Timnas senior di ajang AFF Cup beberapa tahun silam. Dimana Timnas Indonesia harus menelan pil pahit setelah babak belur dibabak penyisihan grup.

Ajang Piala AFF kali ini sebenarnya dapat menjadi momentum tepat bagi Alfred Riedl menjawab keraguan publik sepakbola Nasional akan kemampuannya menahkodai skuad Garuda. Selain dituntut untuk bisa membawa Timnas sepakbola Indonesia berprestasi, kehadiran coach Alfred pun diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan di tubuh Timnas senior, salah satunya dengan melakukan proses regenerasi di dalam skuad Timnas Senior.

Regenarasi Pemain dan Para Pendatang Baru di Timnas Senior Indonesia

Tantangan untuk bisa membawa perubahan di tubuh Timnas Senior salah satunya dengan melakukan proses regenerasi di dalam skuad Garuda nampaknya ingin dijawab oleh sang juru taktik. Ini dibuktikan dengan diumumkannya 47 nama pemain yang akan mengikuti tahapan seleksi untuk persiapan menghadapi even kejuaraan AFF Cup 2016 November nanti.

Sumber Gambar: www.aseanfootball.org
Sumber Gambar: www.aseanfootball.org
Dari 47 nama pemain tersebut terdapat nama-nama pemain yang berasal dari skuad Garuda Muda, baik mereka yang pernah membela Timnas U-23 maupun Timnas U-19. Beberapa diantaranya seperti Manahati Lestusen, Adam Alis, dan Ferinando Pahabol dari skuad Timnas U-23, serta Evan Dimas, Muchlis Hadi, dan Rudolf Yanto Basna dari skuad Timnas U-19.

Selain nama-nama diatas, terdapat juga nama-nama pemain yang baru pertama kali dipanggil mengikuti seleksi di Tim Nasional, beberapa diantaranya seperti Teja Paku Alam, Domingus Fakdawer, Fadil Sausu, Lerby Aliandri, dan masih ada beberapa nama baru lainnya yang tampak tak asing ditelinga para pecinta sepakbola Nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan