Mohon tunggu...
Ahmad fuad
Ahmad fuad Mohon Tunggu... Full blogger dan Arsitek.

Saya seorang praktisi di bidang property, dan Arsitek.saya juga full blogger.blog pribadi personal. http://www.rumahkujambi.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

5 Karakter Konsep Karakter Pebisnis Sukses

19 November 2019   16:56 Diperbarui: 19 November 2019   16:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Karakter seseorang mempengaruhi cara dia bertindak dan cara dia bekerja. Penulis sering ktemu dengan berbagai macam, karakter pebisnis , dan rata rata mereka bisa sukses dalam berbisnis karena punya karakter yang kuat dan type manusia yang pantang menyerah.

Orang orang punya karakter seperti ini biasanya pekerja ulet,gigih dan tidak cengeng, selalu mencari solusi dari jalan yang kadang kadang buntu bagi orang lain,tapi tidak ada istilah buntu bagi orang yang punya karakter kuat.

Jadi, karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internal berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang dan, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Dari karakter yang ada pada diri manusia, terdapat nilai-nilai karakter berdasarkan budaya dan bangsa seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menyukai prestasi, bersahabat dengan baik dengan siapa saja,dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Unsur Terbentuknya Karakter

Menurut psikologi dan sosiologi, manusia memiliki beberapa unsur yang berkaitan dengan terbentuknya karakter.
Unsur inilah yang nantinya akan menunjukan bagaimana karakter seseorang. Unsur-unsur karakter adalah:

1. Sikap

Sikap dari seseorang merupakan bagian dari karakter. Bahkan sikap dianggap sebagai cerminan karakter orang tersebut. Sikap dari seseorang menunjukkan sifat dan cara mereka bertindak, di suatu lingkungan. Jadi, kalau orang tersebut memiliki karakter yang baik, maka lingkungannya akan mengatakan orang tersebut memiliki karakter yang baik. Begitupun sebaliknya.

2. Emosi

Emosi yaitu,
 gejala dinamis dalam situasi yang dirasakan manusia yang disertai dengan efek pada kesadaran, perilaku, dan ini juga merupakan proses fisiologis. Emosi ini identik dengan perasaan yang kuat.Contoh emosi dalam keadaan marah dan tidak terkendali.

3. Kepercayaan

Kepercayaan sendiri merupakan komponen kognitif manusia dari faktor sosio psikologis. Kepercayaan mengenai sesuatu itu benar atau salah atas dasar bukti, sugesti otoritas, pengalaman dan intuisi sangat penting dalam membangun watak dan karakter manusia. Jadi, kepercayaan memperkukuh eksistensi diri dan hubungan dengan orang lain.dan tentu juga ada hubunganya dengan keyakinan manusia itu sendiri, terhadap kepercayaan yang dianut.

4. Kebiasaan dan Kemauan

Kebiasaan merupakan aspek perilaku manusia yang menetap, berlangsung secara otomatis pada waktu yang lama, tidak direncanakan dan diulangi berulang kali. Sedangkan kemauan adalah kondisi yang mencerminkan karakter seseorang karena kemauan berkaitan erat dengan tindakan yang mencerminkan perilaku orang tersebut.karena faktor kebiasaan yang menjadi karakternya, sehingga tingkat kemauanya juga mempengaruhi alam bawah sadar manusia itu sendiri.

5. Konsepsi Diri

Konsepsi diri adalah proses totalitas, baik sadar maupun tidak sadar tentang bagaimana karakter dan diri seseorang terbentuk. Jadi, konsepsi diri adalah bagaimana kita harus membangun diri, apa yang kita inginkan dan bagaimana kita menempatkan diri dalam kehidupan.

Masalah kepribadian dan karakter diri manusia merupakan suatu hal yang kompleks, yang masih terus dicari jalan keluarnya untuk dilakukannya perbaikan karakter individu manusia agar dalam kehidupan bersosial tidak terjadi masalah-masalah yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

 Ada sebuah kata mutiara yang bertuliskan "Sejahat dan sekotor apapun manusia, pasti di dalam dirinya terselip suatu keinginan mulia untuk kembali pada fitrah spiritualnya."

 Artinya, setiap manusia di muka bumi ini memiliki fitrah spiritual yang menjadi dasar pembentukan karakter yang baik, jadi kalau begitu tidak ada manusia yang jahatnya permanen istilahnya, pastiya karakter jahat ada kemungkinan bisa menjadi karakter yang baik

Nah, untuk memperkokoh karakter itu, manusia harus mampu menemukan jalan kebenaran dan selalu ingat kepada Tuhan semesta alam serta menahan diri dari nafsu yang menyesatkan.

Kekuatan karakter tidak lahir dengan sendirinya, ia seperti pisau yang harus selalu diasah agar tajam dan mampu memotong apa saja. Maksudnya, karakter yang sudah dibentuk sedemikian rupa melalui proses yang baik dan benar, melalui pendidikan dan pelatihan baik itu di rumah, di lembaga pendidikan, ataupun di lingkungan bermasyarakat akan menjadi kokoh dan dapat membentengi diri dari segala hal buruk yang datang untuk menjerumuskan manusia itu sendiri.

Begitupun karakter manusia pebisnis, tentu tidak serta merta pebisnis handal dan sukses, bisa terbentuk dengan sendirinya, dan yang pasti karakter pebisnis yang kuat di bentuk dan di tempa di lungkungan pengusaha-pengusaha yang telah sukses terlebih dahulu.

Kesimpulan Karakter pebisnis sukses terbentuk dan terjadi akibat.

-Sering berkumpul dan bertemu dengan pengusaha yang telah sukses dan berkarakter kuat.

-Komunitasnya kumpulan orang-orang hebat yang sudah ditempa secara alamiah, sehingga terbentuk karakter yang kuat pada diri mereka.

-Keluarga, pengusaha yang berkarakter kuat, juga tidak lepas dari keikut sertaan peranan keluarga dalam diri mereka.

-Lingkungan, tempat tinggal seperti apa lingkungan tempat tinggal mereka, itu juga mempengaruhi karakter sesorang untuk bertindak.

-Literatur, baca buku, buku dan kata-kata dari seseorang motivator, atau kisah hidup seseorang juga akan mempengaruhi sikap perilaku dan karakter mereka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x