Mohon tunggu...
Afrida Putri Eskasari
Afrida Putri Eskasari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi

Akhir tidak selalu buruk, sering kali itu menyamar sebagai permulaan.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Proses Penyembuhan Diri Melalui Kegiatan yang Positif

4 Oktober 2023   16:13 Diperbarui: 4 Oktober 2023   16:24 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kegiatan bermakna merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan mencapai tujuan hidup yang memuaskan. Untuk mewujudkannya, sering kali terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang sibuk dan terkadang lupa untuk merenungkan makna sebenarnya dari perjalanan ini. Ketika seseorang menemukan kegiatan yang memberikan makna, baik dalam bentuk pribadi atau sosial, mereka merasa lebih terhubung dengan tujuan hidup mereka.

Sebelum menjadi pribadi yang bermanfaat untuk banyak orang, sebaiknya hal utama yang harus dilakukan adalah mencari tujuan hidup agar langkah yang diambil bisa sejalan dengan apa yang dicari dan bermanfaat untuk diri sendiri. Sehingga, kita bisa memberikan sesuatu yang positif kepada orang lain lebih maksimal dan diterima dengan baik.

Setiap perjalanan menuju pencapaian tujuan, akan selalu ada rintangan, tantangan, dan godaan yang dapat menghalangi kemajuan. Agar semua bisa berjalan sesuai dengan tujuan, perlu diterapkan komitmen yang tinggi pada diri sendiri.

Mewujudkan komitmen bisa memberikan dampak nyata terhadap keputusan yang diambil dan tindakan yang diambil (Kegan & Lahey, 2001).

Saya melakukan beberapa kegiatan bermakna untuk mewujudkan tujuan hidup yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk komitmen saya agar memiliki hidup yang lebih baik lagi.


Mengubah Gaya Hidup Menjadi lebih Sehat dan Positif

Kesehatan fisik dan mental adalah fondasi utama seseorang untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan bermanfaat. Gaya hidup yang sehat mampu mempengaruhi kehidupan di masa yang akan datang.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat saya bisa menjadi lebih produktif dan melakukan banyak kegiatan yang positif untuk mencapai tujuan hidup. Pengalaman hidup saya di masa lalu banyak mengajarkan saya dan menuntun saya untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Sebelumnya, saya memiliki kehidupan yang kurang baik karena belum menemukan jati diri dan mengenal diri saya seutuhnya. Selalu bertindak implusif tanpa memikirkan resiko yang ditimbulkan ketika melakukan sesuatu diluar kendali. Gaya hidup di masa lalu, membawa saya pada aktivitas yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri. Saya tidak memiliki tujuan hidup yang pasti dan menjadi pribadi yang tidak bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Karena pengalaman tersebut, saya memutuskan untuk mengubah gaya hidup saya ke arah yang lebih bermanfaat.

Gaya hidup yang positif bukan hanya tentang peningkatan kesehatan fisik, tetapi juga tentang meningkatkan kesehatan psikis. Mental dan jiwa yang tidak sehat mampu mempengaruhi kehidupan pribadi maupun dimasyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun