Mohon tunggu...
Afriani Lestari
Afriani Lestari Mohon Tunggu... Freelancer - Your Bae

Having more than 8 years of experience in the beauty industry consistently providing the best quality and service. Responsible and always eager to learn new things.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pentingnya Peran Perempuan dan UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia

31 Juli 2022   22:05 Diperbarui: 31 Juli 2022   22:10 83 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tahun ini Indonesia menjadi pemegang Presidensi G20. Ini kali pertama bagi Indonesia sejak bergabung menjadi anggota G20 yang dibentuk pada tahun 1999. G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) yang memiliki kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang hingga negara maju.

Posisi Indonesia di G20

Indonesia dinilai sebagai emerging economy yang mempunyai ukuran dan potensi ekonomi sangat besar di kawasan Asia. Hingga saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya anggota ASEAN dan G20 yang berperan penting dalam pemulihan kesehatan dan ekonomi dunia akibat pandemi Covid-19.

Indonesia menduduki peringkat 10 dalam daftar paritas daya beli (Purchasing Power Parity) diantara anggota G20. Indonesia juga menjadi kekuatan pasar baru (New Established Emerging Market) dengan produk domestik bruto (PDB) di atas US$ 1 Triliun.

Peran Perempuan Indonesia

Presidensi G20 di tengah pandemi Covid-19 membuktikan ketahanan ekonomi Indonesia terhadap krisis. Hal ini tidak lepas dari peran perempuan dalam proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Saat ini, 60% produk domestik bruto (PDB) Indonesia bergantung pada peran perempuan.

Sumber: G20pedia, 2022
Sumber: G20pedia, 2022

Ironisnya, stigma negatif terhadap pemimpin perempuan masih terjadi. Posisi tertinggi di perusahaan dinilai hanya pantas untuk kaum pria. Berdasarkan sisi sifat, bakat, dan tingkah laku, pria dipandang lebih pantas untuk memimpin sebuah perusahaan. 

Akibatnya terjadi kesenjangan upah, pemisahan jenis pekerjaan, dan penghalang proses promosi jabatan. Isu terkait pemberdayaan perempuan ini akan dibahas dalam forum G20.

3 Perempuan Berpengaruh di Indonesia

1. Irene Ursula

Ia adalah founder dari Somethinc, brand kecantikan lokal yang berdiri sejak 2019. Merintis Somethinc di usia yang tergolong muda, Irene telah mengalami suka duka. Ia pernah 3 kali gagal dalam membuat skincare. Hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk terus mengembangkan produk skincare yang dibutuhan perempuan Indonesia.

Somethinc menawarkan berbagai jenis produk kecantikan mulai dari skincare, makeup, hingga bodycare. Semua produk Somethinc dibuat dengan bahan berkualitas terbaik dan dipasarkan dengan harga yang affordable. Tak heran jika dalam waktu yang sangat singkat Somethinc banyak digandrungi beauty enthusiast di Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19, penjualan Somethinc justru tembus Rp10,75M per bulan. Brand ini berhasil mempertahankan posisi No. 1 skincare brand terlaris di e-commerce terbesar di Indonesia dan memenangkan Local Brand of The Year by Female Daily Awards 2021.

2. Amanda Cole

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan