Mohon tunggu...
Afika Hidayanti
Afika Hidayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Afika

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pencegahan Penularan Covid-19 secara Cepat

29 Juli 2021   12:43 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:49 26 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencegahan Penularan Covid-19 secara Cepat
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Indonesia sedang dilanda musibah Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun. Kasus positif Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, saat dua warga Negara Indonesia berkontak langsung dan tertular dari seorang Warga Negara Jepang. Kini Kasus Covid-19 semakin meninggi, bahkan kematian di Indonesia akibat Covid-19 tidak ada henti setiap harinya. Tingkat kematian di Indonesia sudah menempati urutan ketiga terbanyak di Asia. Namun demikian, kesembuhan Covid-19 berbanding lebih tinggi dari kematian.

Setelah satu tahun Kasus Covid-19 ada di Indonesia, kini Covid-19 memiliki beberapa varian. Terdapat 3 varian Covid-19 yang sudah merajalela seluruh daerah di Indonesia. Tiga varian Covid-19 itu adalah Alpha, Beta, dan Delta. Ketiga varian tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda. Varian Alpha memiliki gejala seperti: batuk berlendir, sakit tenggorokan, indra penciuman hilang, sesak napas, nyeri otot, pusing, serta mual. Varian Beta memiliki gejala seperti: demam, indra penciuman hilang, batuk terus-menerus, sakit perut, pusing, dan sakit pada tenggorokan. Varian Delta memiliki gejala seperti: sakit kepala, demam, muntah, flu, mual, hilang selera makan, dan nyeri pada sendi.

Varian Covid-19 yang banyak tersebar di Indonesia saat ini adalah Varian Delta. Varian Delta memiliki penyebaran yang cukup cepat dan kuat dibandingkan dengan Varian Covid-19 sebelumnya. Seseorang yang lengah dalam protokol kesehatannya dapat mudah tertular dengan orang yang positif Covid-19. 

Semua warga perlu berhati-hati dalam aktivitasnya. Warga Negara Indonesia harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak jika berada di keramaian, tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan mendesak, dan tidak berkumpul di suatu tempat dengan banyak orang. 

Pemerintah juga sudah menetapkan peraturan pembatasan kegiatan di masyarakat yang sudah berlangsung sejak awal Covid-19 ada di Indonesia. Semua penduduk Indonesia harus turut melakukan pembatasan kegiatan tersebut demi mencegah penularan Covid-19.

Di Indonesia sudah tersedia vaksinasi untuk menurunkan penyebaran Covid-19.  Bahkan Vaksinasi sudah tersedia di Puskesmas beberapa daerah di Indonesia. Namun, masih banyak yang belum melakukan vaksinasi tersebut dengan berbagai alasan. Vaksinasi itu sangat penting, agar penyebaran Covid-19 tidak bertambah setiap harinya. Jika semua Warga Negara Indonesia sudah melakukan vaksinasi, Covid-19 bisa teratasi dengan baik dan negara cepat pulih dari Covid-19.

Para medis sedang berusaha menyembuhkan orang-orang yang terkena Covid-19. Rumah sakit kini dipenuhi oleh orang-orang terkena Covid-19. Pemerintah juga menyiapkan tempat isolasi selain di rumah sakit untuk penanganan positif Covid-19. Jika seseorang terdampak Covid-19 namun masih bisa disembuhkan secara mandiri, pemerintah menganjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Persebaran Covid-19 saat ini sudah memasuki fase tidak terkendali karena varian yang ada di Indonesia semakin banyak dan jumlah orang terdampak Covid-19 semakin bertambah. Persebaran Covid-19 yang tidak terkendali akan merugikan banyak pihak. Untuk mengendalikan kembali persebaran tersebut, perlu terciptanya kesadaran masing-masing individu. Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita perlu menerapkan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Jika peraturan tersebut diterapkan oleh seluruh Warga Negara Indonesia, varian Covid-19 tidak akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Covid-19 sangat berbahaya jika sudah masuk ke dalam tubuh manusia. Maka dari itu, semua orang perlu menjaga kesehatannya untuk kepentingan bersama. Aktivitas kita perlu diperhatikan karena ketika kita mengalami kelelahan, imun diri kita menjadi turun dan menyebabkan virus dengan mudah terpapar. Perhatikan juga kesehatan orang disekitar dan menjaga mereka yang mempunyai penyakit serius agar tidak terpapar Covid-19.

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x