Mohon tunggu...
Afiifah Yunita Indriyani
Afiifah Yunita Indriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hai, saya seorang mahasiswi yang kadang suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Toko Maya, Solusi Belanja Bulan Ramadhan di Masa Pandemi?

13 April 2021   14:23 Diperbarui: 28 April 2021   20:51 87 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Toko Maya, Solusi Belanja Bulan Ramadhan di Masa Pandemi?
Sumber : https://maucash.id/pemilik-online-shop-wajib-tahu-jenis-pajak-ini

Media digital semakin berkembang setiap harinya, menjadikan sebagian dari kita merasa malas dan tidak ingin "repot". Kita juga terkadang berharap bisa melakukan semua yang diinginkan dan dibutuhkan hanya dengan mengoperasikan smartphone yang kita miliki. Lama kelamaan kita akan mulai bergantung dengan smartphone dan internet, terlebih di tengah maraknya revolusi industri 4.0.

Kini selain berbelanja dengan pergi ke toko, kita juga dapat berbelanja di rumah atau di mana saja hanya melalui aplikasi toko online (online shop/olshop). Aplikasi belanja online ini masih bisa dianggap baru karena baru muncul di Indonesia sekitar tahun 2006 lalu. Online shop sendiri adalah toko maya dimana proses jual-beli barang dapat dilakukan melalui internet.

Sesuai namanya, "toko maya" maka penjual dan pembeli tidak pernah bertatap muka secara langsung ataupun melakukan kontak fisik. Dengan begitu, penjual tak harus memiliki bangunan nyata yang akan membuat penjual dapat mengurangi budget-nya.

Contoh aplikasi belanja ini seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bli Bli, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat mudah kita akses dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store lewat smartphone.

Dalam online shop hampir segala yang kita butuhkan bisa dicari dan dibeli hanya dengan smartphone. Jadi online shop akan memudahkan kita untuk membeli segala yang kita butuhkan, dimanapun dan kapanpun tanpa harus menuju ke berbagai toko.

Aplikasi ini tentu akan sangat membantu dan berguna bagi mereka "kaum rebahan" dan "mageran". Apalagi di masa pandemi seperti ini, yang mengharuskan kita untuk social distancing dan mengurangi kegiatan kita di luar rumah, online shop dapat menjadi salah satu solusinya.

Kini sudah memasuki bulan Ramadhan 1442H dan satu bulan lagi menuju Idul Fitri. Online shop tentu akan ramai di bulan-bulan ini sehingga para penjual akan mendapat banyak keuntungan. Disisi lain, para pembeli juga merasa diuntungkan dengan adanya aplikasi online shop yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Orang-orang akan berbondong-bondong berbelanja kebutuhan. Mereka akan untuk mencari perlengkapan ibadah, kurma, makanan kaleng, sirup, alat dapur untuk sahur ataupun berbuka. Lalu sekitar minggu ke- 3 atau ke-4 bulan Ramadhan, mereka akan mulai mencari pakaian, kue-kuean, parcel, tiket transportasi, kosmetik, hingga gadget menjelang Idul Fitri. Banyaknya hal yang dijual di online shop mulai dari yang paling murah seperti ikat rambut hingga yang mahal seperti mobil pun ada, menjadikan orang-orang mudah berbelanja di sana dalam satu waktu.

Banyaknya promo menarik yang diberikan hampir di semua toko online. Dalam setiap bulan, beberapa aplikasi toko online mengadakan event ketika angka tanggal dan bulan sama. Banyaknya produk yang ramai di cari di bulan Ramadhan ini, online shop pun juga banyak menawarkan promo berupa voucher belanja, cashback, juga adanya gratis "ongkos" kirim / ongkir dalam pengiriman paket. Dengan begitu, para penggunanya merasa lebih hemat dan mendapat ketuntungan dalam berbelanja di online shop.

Metode pembayaran yang bermacam-macam. Kita bisa membayar melalui Indomaret atau Alfamart dengan datang ke tokonya, kartu kredit, COD / Cash on Delivery atau dalam aplikasi Shopee terdapat pembayaran Shopee Paylater yang membuat penggunanya dapat membayar kapan saja namun dengan batas nominal. Dengan menggunakan online shop, menjadikan kita lebih dipermudah dalam melakukan pembayarannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN