Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat berat bagi UMKM di Indonesia. Dampak yang dirasakan oleh para UMKM adalah penurunan omzet penjualan yang sangat drastis. Penurunan omzet tersebut disebabkan karena adanya larangan mobilitas masyarakat yang telah diatur oleh pemerintah untuk menghambat penyebab Covid-19.Â
UMKM yang mengandalkan penjualan secara langsung menjadi sepi pengunjung, sehingga berimbas pada penurunan pendapatan mereka. Oleh karena itu, mahasiswa dari Universitas Diponegoro menciptakan solusi yang dapat membantu bisnis UMKM untuk tetap dapat menghasilkan di tengah terjadinya pandemi ini.
Pelatihan digital marketing menjadi solusi bagi UMKM yang terdampak Covid-19. Materi pelatihan ini adalah bagaimana UMKM dapat memanfaatkan Google My Business dan Google Ads sebagai media pemasaran online sehingga usaha UMKM lebih dapat dikenal melalui internet.Â
Selain lebih dikenal, diharapkan dengan pelatihan ini UMKM akan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas lagi yang di mana diharapkan dapat meningkatkan omzet.
Harapan dari pemilik UMKM terhadap pelatihan ini adalah bahwa pelatihan ini tetap bisa terus berlangsung karena dirasa sangat diperlukan bagi kelancaran usaha yang dijalani UMKM
Penulis: Afifah Wanda Inas Asputri (12010118140269) Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DPL: Eva Annisa, S. Farm., Apt., M.Sc.