Mohon tunggu...
Afifah nursalsadiba
Afifah nursalsadiba Mohon Tunggu... Make Your Life Fun

"Nggak Perlu Terburu-Buru Yang Penting Sampai Tujuan" ig: @nur_salsa30

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadan diRumahAja Bisa Lebih Bermakna

15 April 2021   11:40 Diperbarui: 15 April 2021   11:50 195 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan diRumahAja Bisa Lebih Bermakna
sumber ilustrasi: © Provided by Working Mother via https://www.msn.com/en-us/lifestyle/family

Frenn..kalian ngerasain sih waktu berjalan begitu cepat? Nggak terasa ini udah hari ketiga puasa dan bentar lagi udah mau lebaran deh. Eits, tapi kalian udah manfaatin bulan ramadan ini sebaik mungkin nggak? Atau kalian tetap pada tim rebahan dan mager karena mengingat ramadan kali ini sama saja seperti hari-hari biasanya atau kalian malah mager karena ramadan kali ini hanya #dirumahaja, akhirnya malah memanfaatkan waktu untuk tetap scrool tiktok, ig dan lain-lain. Kalau kalian masih di tim ini yuk buru-buru deh sadar dan manfaatin waktu di bulan ramadan ini sebaik mungkin!

Ramadan kali ini memang berbeda, namun bukan berarti kualitas ibadah kita di bulan suci ini berkurang, karena banyak aktivitas #dirumahaja yang dapat menunjang kualitas ibadah di bulan Ramadan. Frenn.. Pahala yang berlipat ganda telah Allah janjikan kepada mereka yang beramal saleh selama Ramadan. Meskipun tidak dapat melaksanakan sholat tarawih di masjid, masih banyak aktivitas berfaedah yang dapat dilakukan di rumah tanpa mengurangi pahala sedikitpun. Kalian juga bisa menambah target skill selama ramadan, agar kegiatan ramadan kalian #dirumahaja jadi lebih menyenangkan. Yuk, simak deh beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan selama bulan ramadan yang juga bisa menjadi target menambah skill kalian #dirumahaja!

Memperdalam Ilmu Agama Bersama Keluarga

Bagi umat Islam, Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memperdalam pengetahuan mengenai agama. Daripada terjebak dengan rutinitas bekerja seharian, kita disarankan untuk memanfaatkan waktu luang untuk mengaji, mendengarkan ceramah, hingga membaca buku mengenai agama dari sumber yang sahih. Selain menambah pahala, kita bisa melakukan aktivitas-aktivitas ini untuk memperluas wawasan mengenai agama di bulan yang suci ini.

Tingkatkan Skill Masak, Siapkan Menu Buka Puasa

Saat harus #diRumahAja selama bulan Ramadan, memberi kesempatan untuk meningkatkan skill memasak. Dengan begitu, kalian dapat menyiapkan hidangan buka puasa yang bervariasi dan menambah nikmatnya berbuka dengan menu masakan yang berhasil kalian coba. Selain itu, orang-orang di rumah pun bisa memuji kehebatan memasak yang kalian lakukan. Frenn.. Pasti menyenangkan bukan.

Tadarus

Di era pandemi ini, disarankan pula untuk menghiasi rumah dengan tadarus atau bacaan Al-Quran, apalagi ditambah dengan kesucian bulan Ramadan. Khatam Al-Quran juga sangat dianjurkan pada bulan ini. Menambah hafalan Al-Quran juga bisa dilakukan sebagai amalan di bulan Ramadan. Karena orang yang rajin membaca Al-Quran mendapatkan syafaat saat hari perhitungan dan pembalasan.

Memperdalam atau Mencoba Hobi Baru

Selanjutnya, kalian juga dapat untuk memperdalam atau mencoba melakukan hobi baru yang belum sempat dicoba. Misal, dengan mengasah kemampuan membuat vlog, memasak sebelum berbuka, belajar bahasa baru, hingga berlatih editing foto dan gambar digital. Bisa saja, hobi ini nantinya dapat dikembangkan menjadi salah satu sumber pemasukan harian kalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN