Mohon tunggu...
Afida NurulSabilla
Afida NurulSabilla Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan Ipa, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Ipa UPS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mencari Ilmu Bisa di Mana Saja

10 November 2020   18:22 Diperbarui: 10 November 2020   18:44 1516 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto pribadi Afida Nurul Sabilla 

                Pengertian ilmu menurut KBBI V adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Dalam ajaran islam mencari Ilmu hukumnya wajib. Ilmu sangat banyak macamnya. Ada ilmu pengetahuan, ilmu agama, ilmu sosial, ilmu hukum, ilmu sosiologi, ilmu keperawatan dan kesehatan, ilmu kedokteran, dan ilmu-ilmu lainnya.

                Kita hidup di dunia harus mempunyai ilmu. Orang yang tidak mempunyai ilmu bagaikan orang hidup tanpa penglihatan.  Dengan ilmu kita dapat mempelajari hal baru, mengamalkannya, dan lainnya. Untuk mendapatkan ilmu kita bisa cari dimana saja dan kapan saja.

                Kita bisa mencari ilmu di sekolah, rumah, lingkungan masyarakat, dan dimana saja. Seperti contoh pada gambar dibawah ini

FOTO PRIBADI AFIDA NURUL SABILLA 
FOTO PRIBADI AFIDA NURUL SABILLA 

Pada gambar di atas terlihat sekumpulan anak dan ibu-ibu sedang belajar mencari ilmu dengan mengaji di MT. Manba'ul Huda Tegalsari Tegal. Mereka mengisi jam malam mereka setelah sholat maghrib untuk belajar mengaji. Mereka sangat antusias mengaji karena ingin bisa mengaji.

                Mengaji juga merupakan mencari ilmu, ilmu disini yaitu ilmu agama. Ilmu agama mengajarkan kita pada sifat religius. Mengaji bisa kalian lakukan dimana saja, kecuali di tempat yang kotor seperti  WC, kamar mandi, dan lainnya.

                Dalam kitab Alala dijelaskan syarat mencari ilmu itu ada 6, yaitu cerdas, semangat, sabar, biaya, petunjuk guru, dan lama waktunya. Maksudnya kita mencari ilmu syaratnya harus cerdas, cerdas dalam artian kemampuan untuk menangkap ilmu. Semangat, sunguh-sungguh dalam mencari ilmu. Sabar, tabah dalam menghadapi cobaan dalam mencari ilmu. Biaya, orang yang mencari ilmu perlu biaya begitu pula pada kehidupan ini. Petunjuk guru, orang yang mencari ilmu harus digurukan tidak boleh sendirian. Lama waktunya, orang belajar butuh waktu lama untuk melakukannya tidak dengan cara cepat.

                Kesimpulannya, kita hidup di dunia ini sangat diharuskan untuk mencari ilmu. Kita mencari ilmu bisa dimana saja dan kapan saja, tergantung diri kita untuk mencari  ilmu dimana. Lebih baik kita terlambat mencari ilmu dari pada tidak sama sekali, dan ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan.

ILMU LENTERA KEHIDUPAN, ILMU YANG BERMANFAAT ADALAH ILMU YANG DI AMALKAN!!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan