Mohon tunggu...
Afan Bachtiar
Afan Bachtiar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penulis biasa yang menyukai semua konten tulisan. Hobi membaca cerita bergambar yang memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Ingin berkarya melalui tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak kecil, tapi besarnya nyasar ke jurusan lain. Ujung-ujungnya tetap melakoni dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Copywriting, Senjata Jitu Pemasaran Cuma Modal Tulisan

17 Oktober 2021   00:00 Diperbarui: 17 Oktober 2021   00:10 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pernah lihat promosi di Instagram? Pernah melihat tulisan iklan yang unik di sebuah iklan koran atau sebuah Baliho? Pernahkah kamu penasaran siapa yang menulis iklan tersebut, apakah mereka dari marketing? Jawabannya adalah IYA! Mereka yang menulis iklan dimanapun itu berada berada di bagian marketing. Tapi nama keren metode penulisan iklan adalah Copywriter, sedangkan nama tulisannya adalah Copywriting. Jika kamu ingin tahu lebih dalam lagi tentang Copywriting secara padat dan ringkas, disini jawabannya.

Apa itu Copywriting dan Fakta - Faktanya

Sebelum mengetahui seluk beluk copywriting, pada dasarnya copywriting adalah sebuah tulisan yang persuasif atau bersifat mengajak. Jika kamu berhasil mengajak seseorang dengan tulisanmu, maka kamu sudah berhasil membuat tulisan copywriting. Secara rincinya, Copywriting adalah tulisan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan aksi yang dilakukan pembaca setelah membaca tulisan tersebut. 

Contoh, jika kamu membuat sebuah ajakan untuk mencuci tangan lalu orang tersebut akhirnya mau mencuci tangan maka tulisan tersebut bisa dikatakan tulisan copywriting. Penasaran dengan copywriting? Ini beberapa serba-serbi yang bisa kamu ketahui tentang copywriting.

Menulis copywriting memiliki banyak faktor. Sehingga menulis copywriting harus memiliki pengetahuan yang luas dan bisa juga menerapkan beberapa sisi psikologi dalam sebuah tulisan. Karena copywriting merupakan tulisan yang mengharuskan orang pembaca tertarik dulu untuk membacanya, maka sisi psikologi harus disertakan pada tulisan ini agar menarik perhatian. Biasanya acuan atau faktor yang diperhatikan untuk membuat copywriter adalah sebuah buyer persona.

  • Fungsi Copywriting Bermacam-macam

Tidak hanya untuk jualan saja, copywriting dapat digunakan untuk memberikan informasi, memberikan pengetahuan produk, memberikan image branding pada sebuah produk, dan lain-lainnya. Pada dasarnya tulisan copywriting memiliki tujuannya masing-masing dalam pembuatannya. Jadi manfaatkan copywriting untuk kepentingan yang bisa menggerakkan hati pembaca.

  • Berbagai Sudut Pandang

Sudut pandang dalam menulis copywriting sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan tujuan dan fungsi copywriting ini diperuntukkan untuk apa. Kemudian sasaran yang dituju siapa, sehingga sudut pandangnya cukup beragam tergantung faktor-faktor yang dijadikan acuan. Jadi semakin banyak seseorang bisa menulis copywriting dengan menggunakan berbagai macam sudut pandang, maka seseorang tersebut sudah handal sebagai copywriter.

  • Sumber uang yang tidak terbatas

Jika kamu menguasai copywriting, maka kamu telah menemukan sumber uang yang tidak terbatas. Pasalnya copywriting sangat banyak dibutuhkan oleh orang-orang sehingga skill ini sangat banyak dicari. Pada dasarnya yang membutuhkan copywriting adalah bisnis yang menjual sebuah produk atau jasa sehingga tidak ada ruginya mempelajari copywriting. Jadi copywriter adalah pekerjaan yang tidak pernah ada matinya.

Demikian pembahasan tentang copywriting untukmu. Tertarik untuk mempelajari menulis menggunakan metode copywriting? Kamu bisa mempelajari copywriting secara langsung melalui kelas online atau mengikuti pelatihan di berbagai instansi yang menyediakan materi tersebut. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan