Mohon tunggu...
Adzra AshiyahDarmawan
Adzra AshiyahDarmawan Mohon Tunggu... Lainnya - UIN walisongo

Hobi m membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Membuat Kompos dari Kertas demi Terciptanya Kampus Hijau

31 Oktober 2022   22:42 Diperbarui: 31 Oktober 2022   22:51 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: infostudikimia.blogspot.com

---Lets Go Green, to Keep Green Our Earth---

Slogan diatas merupakan salah satu kalimat yang sering kita lihat di dinding - dinding tempat umum dengan sistem lingkungan yang baik. Kalimat yang mempunyai makna 'Ayo lakukan penghijauan, untuk hijaukan bumi kita' ini bermaksud untuk mengajak semua orang melakukan yang terbaik untuk alam. Menciptakan lingkungan hidup yang bersih akan berkesinambungan dengan kehidupan kita kelak dan akan berdampak untuk masa kedepannya. 

"Go Green is The Most Cost Effective Ways to Live" adalah ungkapan yang bisa membantu mendukung berjalannya penghijauan khususnya kepada manusia millennial saat ini.

Masa ini merupakan abad 21 yang ditandai dengan berkembangannya teknologi informasi yang sangat pesat serta perkembangan otomasi dimana banyak pekerjaan yang sifatnya pekerjaan rutin dan berulang-ulang mulai digantikan dengan mesin, baik mesin produksi maupun mesin komputer. 

Tak heran pada masa ini pula banyak sisa hasil produksi seperti polutan dan residu yang bisa menyebabkan polusi dan pencemaran lingkungan. Walaupun tak bisa disangkal, manusia mempunyai keinginan untuk maju demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya. 

Oleh karena hal tersebut, berdirilah pabrik - pabrik yang mengolah sumber daya alam (SDA) yang ada di bumi ini pun terkadang banyak oknum yang hadir dalam prosesnya sehingga terganggulah keseimbangan alamnya dan terusiknya kesetimbangan ekosistem (dynamic equilibrium).

Setiap ada perubahan atau gangguan, maka akan ada mekanisme atau proses yang mengembalikan kepada keadaan yang setimbang lagi, sejauh perubahan tersebut masih berada dalam batasannya. 

Munculnya pabrik - pabrik ini mengakibatkan terjadinya perubahan lingkungan. Terjadinya perubahan lingkungan berarti terganggunya lingkungan hidup, baik dari faktor biotik maupun abiotik. Oleh karena itu, melakukan aksi Go Green ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Terdapat 3 prinsip dasar Go Green, yaitu:

  • Reduce

Prinsip reduce merupakan gerakan berhemat pada sumber daya energi. Reduce artinya pengurangan, artinya kita harus mengurangi penggunaan bahan yang dapat berakhir menjadi limbah. Seperti mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam.

  • Reuse

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun