Mohon tunggu...
adriel sebastian jose
adriel sebastian jose Mohon Tunggu... SMA

saya hanyalah penulis muda

Selanjutnya

Tutup

Bola

Pengaruh Influence atau Endorser Dalam Strategi Komunikasi Event Olahraga

16 Oktober 2025   20:26 Diperbarui: 16 Oktober 2025   20:26 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

              Pada era digital saat ini, influencer atau endorser memiliki peran yang semakin besar dalam promosi berbagai kegiatan, khususnya event olahraga. Kehadiran mereka di media sosial mampu menarik perhatian audiens yang luas dan membuat pesan promosi lebih mudah diterima oleh masyarakat, sesuai dengan besarnya pengaruh yang mereka miliki.

Penelitian mengenai Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT DBL Indonesia pada Honda DBL DKI Jakarta Series (journal.moestopo.ac.id) menunjukkan bahwa strategi komunikasi seperti publikasi dan hubungan masyarakat berhasil meningkatkan  penonton secara signifikan. Namun, Tidak banyak adanya pembicaraan tentang bagaimana influencer dapat meningkatkan kemampuan promosi, meskipun mereka memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung keberhasilan acara.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas pengaruh influencer atau endorser dalam strategi komunikasi event olahraga, serta menganalisis bagaimana kehadiran mereka dapat meningkatkan daya tarik dan kesuksesan suatu acara.

Influencer atau endorser berperan penting dalam menarik perhatian audiens untuk event olahraga. Mereka dapat mempromosikan dengan cara yang lebih menarik dan dipercaya oleh audiens. Berdasarkan penelitian Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT DBL Indonesia pada Honda DBL DKI Jakarta Series (journal.moestopo.ac.id), strategi publikasi dan hubungan masyarakat terbukti meningkatkan jumlah penonton secara besar. Sayangnya peran influencer belum digunakaan secara maksimal, padahal mereka mampu memperluas jangkauan promosi.

Penggunaan influencer dalam event olahraga dapat meningkatkan minat peserta dan memperkuat review positif untuk acara tersebut. Dengan konten kreatif di media sosial, mereka membantu menyebarkan informasi lebih cepat dan menarik. Jika dikombinasikan dengan strategi komunikasi lain, kehadiran influencer dapat membuat promosi event olahraga lebih efektif dan berpengaruh.

Influencer atau endorser memang punya peranan signifikan dalam penguatan strategi komunikasi untuk event olahraga di era digital. Melalui platform media sosial, mereka bisa memperluas jangkauan informasi sekaligus membangun engagement yang lebih personal dengan audiens. Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi strategi komunikasi PT DBL Indonesia untuk Honda DBL DKI Jakarta Series, penggunaan metode publikasi dan hubungan masyarakat yang terstruktur terbukti mampu meningkatkan partisipasi penonton secara besar.

Intergrasi strategi komunikasi konvensional dengan pemanfaatan influencer dapat mendorong promosi event olahraga menjadi lebih menarik, sekaligus memperluas audiens masyarakat. Dengan demikian, pemanfaatan influencer harus digunakaan karena langkah ini adalah langkah yang strategis untuk meningkatkan keberhasila event olahraga secara keseluruhan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun