Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Workshop Perwira Ksatriya Saka di Yogyakarta: Langkah Awal agar AKHLAK Tak Sekadar Jargon Semata

24 Juli 2022   18:52 Diperbarui: 24 Juli 2022   20:30 774
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelepasan Balon Sebagai Simbolis Penyebaran Core Value AKHLAK ke Seluruh Wilayah Indonesia

FGD di Workshop Perwira Ksatriya Saka di Hotel Tentrem Yogyakarta/dokpri
FGD di Workshop Perwira Ksatriya Saka di Hotel Tentrem Yogyakarta/dokpri

Sejak dicanangkan oleh Menteri BUMN, Erick Tohir pada 1 Juli 2020 lalu, core values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) telah diadopsi secara menyeluruh di semua bagian BUMN. 

Tak terkecuali bagi PT. Saka Energi Indonesia (PGN Saka) yang merupakan anak perusahaan PT. Pertamina Gas Negara (PGN) yang menjadi pemuka subholding gas dari PT. Pertamina (Persero).

Demi terus membudayakan nilai AKHLAK sampai pada level terbawah dan menyeluruh, termasuk mitra kerja di lingkungan PGN Saka, maka dipilihlah 51 orang, termasuk saya, dari berbagai wilayah kerja saka dan departemen oleh manajemen PGN Saka sebagai promotor serta juga role model penerapan nilai AKHLAK.

Mereka ditetapkan melalui Keputusan Direksi PT. Saka Energi Indonesia No.00897/KEP/SEI/VI/2022 tertanggal 25 Juni 2022 tentang Living Core Values Akhlak, Target Akhlak, Rewards & Consequences, dan Pembentukan Perwira Ksatriya Akhlak di Lingkungan Kerja Perseroan.

Para promotor nilai AKHLAK ini dipanggil dengan sebutan Perwira Ksatriya AKHLAK Saka/ Perwira Ksatriya Saka. Tim spesial ini dipimpin oleh Zainal Abidin dari Departemen Project Delivery.

Pada 19-20 Juli 2022 kemarin, Tim Perwira Ksatriya AKHLAK Saka melakukan workshop sekaligus diskusi intensif merumuskan langkah-langkah untuk mencapai target maturity level: engagement di lingkungan Saka agar Saka dapat menjadi salah satu yang terbaik atau bahkan yang terbaik untuk penilaian penerapan AKHLAK di lingkungan subholding gas khususnya.

Tes Antigen untuk Peserta Workshop Perwira Ksatriya Saka di Hotel Tentrem Yogyakarta/dokpri
Tes Antigen untuk Peserta Workshop Perwira Ksatriya Saka di Hotel Tentrem Yogyakarta/dokpri

Dalam workshop kali ini, tim menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimana 3 hari sebelum pelaksanaan dilakukan self assessment melalui isian daring, sehari sebelum acara diwajibkan melakukan tes antigen, dan pada hari H sebelum pelaksanaan dilakukan tes antigen dan beberapa bahkan PCR.

Bahkan, untuk semua perwira yang memiliki gejala tertentu meski hasil tes negatif, maka diminta untuk tidak hadir dan bergabung secara fisik selama acara berlangsung dan disarankan hadir secara virtual saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun