Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik horizon cakrawala berpikir

Sehari-hari menjadi kuli di industri minyak dan gas Indonesia dengan ketertarikan pada dunia travelling, politik, social volunteerism, kepemudaan, sastra dan organisasi. Penulis Buku Horizon (Wisata Hati, Opini dan Puisi) Penerbit: Ellunar Publisher (Agustus 2020)

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Lombok, Sepenggal Surga di Bumi Nusantara

7 Juli 2020   09:47 Diperbarui: 7 Juli 2020   09:49 290 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lombok, Sepenggal Surga di Bumi Nusantara
Di Gili Trawangan. | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Jika Anda memilih untuk berlibur di luar negeri di akhir tahun ini, sebaiknya Anda tunda perjalanan Anda tersebut, sebelum Anda menjelajahi Paradiso di bumi pertiwi, sebuah pulau nan eksotis yang tidak jauh letaknya dari pulau dewata Bali. Inilah pulau Lombok dengan seluruh pesonanya.

Di salah satu Pantai di Lombok. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Di salah satu Pantai di Lombok. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Diawal perjalanan saya di pulau ini, seorang sahabat mengatakan bahwa saya dapat menemukan keindahan Bali di Lombok, namun tidak dapat menemukan keindahan dan kemolekan Lombok di Bali. Suatu pernyataan yang cukup tendensius dan berani dari sahabat saya tersebut. 

Saya pun menganggap itu hanya bualan subjektif dari dia sebagai masyarakat asli Lombok. Namun, apa salahnya jika dapat membuktikannya selama perjalanan saya kali ini. Dari lima hari perjalanan saya di Lombok berikut sekelumit berbagai jenis wisata yang saya jelajahi disana.

Di Pematang Sawah di Lombok Utara | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Di Pematang Sawah di Lombok Utara | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Wisata alam. Sudah menjadi rahasia umum jika pulau Lombok menyimpan kekayaan alam dan pemandangan yang luar biasa cantiknya. 

Hamparan berbagai pantai yang beragam mengelilingi seluruh pulau dipadukan dengan hutan-hutan yang masih asri dan Gunung Rinjani yang gagah berdiri tentu menjadi sajian lengkap bagi seluruh pelancong. 

Saya pun sangat beruntung berkesempatan untuk menjelajahi beberapa di antaranya yaitu Pantai Senggigi, Pantai Kuta-Lombok, Kaki Gunung Rinjani, dan menyeberang ke salah satu destinasi turis dunia yaitu Gili Trawangan.

Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang sangat eco friendly dimana kendaraan bermotor tidak diizinkan untuk beroperasi di dalam pulau. Seluruh kegiatan dan aktivitas yang berlangsung didalamnya hanya dapat dilakukan dengan sepeda atau kendaraan tanpa motor lainnya. Hamparan pantai dengan fasilitas hotel dan resort kelas dunia pun menambaha pesona pulau ini.

Berbagai wisata alam lainnya seperti berbagai sungai yang jernih, air terjun, maupun danau yang dapat ditemukan di seantero pulau ini tentu dapat menjadi pilihan wisata bagi kita semua. Penjelajahan ke berbagai tempat ini pun tidak butuh waktu lama dikarenaka jaraknya yang berdekatan (1-3 jam perjalanan) didukung jalanan yang relatif mulus, bebas macet, dan keramaian.

Wisata Kuliner. Jika Anda adalah penggemar masakan dengan citarasa pedas tentu Pulau Lombok adalah surga bagi Anda. Berbagai jenis makanan seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, Sate Bulayak, dan lain sebagainya dapat ditemukan di setiap sudut pulau ini dengan harga yang sangat terjangkau. 

Kekhasan pengolahan dan bumbu bahan masakan khas dari masyarakat suku Sasak sebagai mayoritas penghuni pulau ini telah mampu membawa kuliner khas Lombok mendunia dan disukai para turis domestic dan internasional yang datang ke pulau Lombok. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berdiri rumah makan, pedagang kaki lima, bahkan restoran yang menyajikan khusus makanan khas Lombok sebagai menu andalan mereka.

Di Desa Sade Suku Sasak. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Di Desa Sade Suku Sasak. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Bersama Pemusik Tradisional Cilik. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Bersama Pemusik Tradisional Cilik. | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Wisata Religi dan Budaya. Keragaman budaya yang ada di Lombok ternyata sangat berbeda dengan budaya yang ada di pulau tetangganya yaitu Bali. Jika di Bali pengaruh agama Hindu sangat kental terasa dan mengakar di dalam budaya lokal, di pulau ini justru pengaruh Islam sangat mendominasi dan mempengaruhi kebudayaan masyarakatnya terutama masyarakat Suku Sasak. Hal yang unik adalah bagaimana masyarakat dan pemerintah bahu mebahu untuk melestarikan budaya mereka agar tidak tergerus modernitas yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN