Mohon tunggu...
Humaniora

Empat Tips Komunikasi dalam Berbisnis

8 Mei 2018   21:14 Diperbarui: 8 Mei 2018   21:31 471 2 0 Mohon Tunggu...

Kalian pasti sadar segala hal berhubungan dengan komunikasi, dalam kehidupan kita, dalam dunia pendidikan maupun dalam ruang lingkup bisnis. Komunikasi merupakan sifat dasar manusia sebagai mahluk sosial. 

Dalam dunia bisnis komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis tersebut, seperti pada komunikasi dalam penyampain pesan antar pemilik usaha (owner) dengan pemasok (supplier). Karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.

Pastinya dong kalian ingin mempunyai bisnis sendiri atau bersama dengan teman -- teman kalian? Kalian juga pasti ingin bisnis kalian berjalan sesuai dengan keinginan kalian. Nah, ada tips - tips untuk kalian yang ingin membangun bisnis sendiri atau bersama dengan teman -- teman kalian. Apa saja? Yaitu:

  • Interaksi
    Interaksi merujuk pada berbagi gagasan dan emosi yang dapat mengundang simpati dan pengertian ataupun kemarahan dan kebingungan. Komunikasi verbal ini menjadi suatu elemen penting dalam interaksi. Interaksi yang baik berdampak pada suasana lingkungan kerja yang kondusif. Contohnya komunikasi yang dapat menciptakan interaksi antara atasan dengan bawahan, sesama partner, mitra bisnis, dan lain sebagainya.
  • Menjalin Hubungan
    Dengan adanya komunikasi yang efektif kepada sesama, maka dapat membangun hubungan yang erat di dalam perusahaan maupun kebutuhan bisnis lainnya seperti rekan bisnis atau mitra bisnis. 
  • Selain itu, manfaat komunikasi sebagai pembina hubungan dalam dunia bisnis merupakan salah satu manfaat yang sangat diperlukan dalam kehidupan berbisnis yang baik. Dengan menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis seperti supplier dan customer kita bisa mendapatkan keuntungan juga.
  • Mengungkapkan perasaan
    Tulisan dan perkataan yang kita sampaikan kepada penerima pesan merupakan yang tersirat dari apa yang kita pikirkan dan rasakan. Dengan begitu kita dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran tersebut sebagai bagian dari bisnis kalian melalui pesan verbal. Misalnya, mengemukakan ide atau gagasan pada saat briefing, menulis saran dan keluhan ke divisi manajemen fasilitas terkait fasilitas yang ada di perusahaan.
  • Penamaan
    Penamaan atau penjulukan merujuk pada usaha mengidentifikasi objek, tindakan, atau orang dengan menyebut namanya sehingga dapat dipahami oleh lawan bicara, sehingga komunikasi verbal ini mendukung komunikasi agar tetap efektif. Seperti menyebut nama divisi pada suatu organisasi, jabatan, nama produk, kode produk, dll.
    Demikian tips -- tips untuk kalian yang ingin membangun bisnis baru atau mengembankan bisnis kalian dari segi komukasi. Semoga berhasil!

VIDEO PILIHAN