Konvergensi
Sebelum globalisasi, sebagian besar perusahaan media memiliki bidang bisnis yang berbeda: Disney, misalnya, terutama berkaitan dengan film kartun dan operasi taman hiburan; Waktu dikenal terutama sebagai bisnis penerbitan; Viacom adalah sindikasi TV dan kabel, dan News Corporation adalah kelompok yang memiliki jaringan surat kabar di Australia. Dengan privatisasi penyiaran di seluruh dunia, ditambah dengan metode baru penyampaian konten media dan komunikasi - yaitu, satelit, kabel, dan Internet - perbedaan antara industri-industri ini dibubarkan.
Perdagangan global dalam produk media
Perdagangan global barang-barang budaya (film, televisi, barang cetakan, musik, komputer) telah meningkat hampir tiga kali lipat antara tahun 1980 dan 1991, dari $ 67 miliar menjadi $ 200 miliar dan berkembang pesat dengan liberalisasi sektor-sektor ini di seluruh dunia (UNESCO). , 1998b). Amerika Serikat adalah pengekspor produk budaya dan industri hiburan adalah salah satu penghasil ekspor terbesarnya. Tabel 4.2 berisi daftar lima perusahaan hiburan top dunia, tiga di antaranya berbasis di AS, sementara dua lainnya memiliki hubungan bisnis dan perusahaan AS yang substansial.
Televisi
Menunjukkan, untuk beberapa perusahaan media terkemuka, sebagian besar pendapatan mereka berasal dari televisi. Sebagian besar output hiburan dunia ditransmisikan melalui televisi, yang semakin menjadi global dalam operasinya, teknologi, dan khalayak (Smith, 1998). Salah satu faktor yang paling signifikan adalah pertumbuhan di televisi satelit, yang melintasi batas-batas nasional dan linguistik, menciptakan khalayak internasional baru. Pada tahun 1998, menurut Screen Digest, lebih dari 2 600 saluran televisi beroperasi di dunia, yang sebagian besar merupakan saluran swasta (Screen Digest, Mei 1998).
Industri film internasional
Meskipun lebih banyak film diproduksi di India daripada di Amerika Serikat, bioskop global dan layar televisi didominasi oleh Hollywood: film-film Hollywood ditampilkan di lebih dari 150 negara, menghasilkan lebih dari $ 30 miliar di seluruh dunia pada tahun 1997. Setengah dari pendapatan Hollywood berasal dari pasar luar negeri, naik dari hanya 30 persen pada tahun 1980. Industri film AS menyediakan sebagian besar kaset video pra-rekaman yang terlihat pada jutaan layar televisi di seluruh dunia. Pada tahun 1996, ia mengklaim hampir 70 persen dari Eropa dan 83 persen pasar Amerika Latin (UNESCO, 1998b). Pada tahun 1990, pendapatan box-office bioskop dunia mencapai $ 11,8 miliar dan pada tahun 1999 mendekati $ 17 miliar dan diperkirakan bahwa nilai pasar sinema dunia akan mencapai $ 20 miliar pada tahun 2003 (Screen International, Oktober 1999).
Media cetak internasional
AS-Inggris 'duopoli' tampaknya mendominasi pasar surat kabar dan majalah global juga. Meskipun enam suratkabar Jepang dan dua surat kabar Cina termasuk di antara 10 surat kabar top dunia dalam hal sirkulasi, mereka jarang membaca di luar negara asal mereka. Sebaliknya, sebagaimana dicatat di bawah ini, pers Anglo-Amerika memiliki jangkauan dan pengaruh global. Beberapa publikasi seperti majalah berita mingguan Inggris The Economist, pada kenyataannya, menjual lebih banyak salinan di luar Inggris.
Jaringan berita dan informasi global