Mohon tunggu...
Aditya Nuryuslam
Aditya Nuryuslam Mohon Tunggu... Menikmati Ciptaan Ilahi

Sosok jawa tulen yang mengadu nasib di belantara Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

10 Kuliner Tanah Air Terfavorit yang Patut Anda Coba

30 Oktober 2020   19:41 Diperbarui: 30 Oktober 2020   20:30 48 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Kuliner Tanah Air Terfavorit yang Patut Anda Coba
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4821738/10-lauk-nasi-padang-enak-yang-mana-favoritmu

1. Nasi Padang

Nasi Padang yang sangat identik dengan daging rendang adalah salah satu makanan terlezat di dunia. Setidaknya itulah hasil survey yang pernah diadakan oleh salah satu lembaga survey dunia beberapa waktu yang lalu. Fast Food asli Indonesia ini memang memiliki taste yang cocok bagi sebagian besar penduduk Indonesia, Melayu dan Asia pada umumnya. Bahkan masyarakat di belahan barat pun banyak yang menyukai masakan ini. Nasi Padang dengan daging rendang (Sapi/Kerbau) plus bumbu yang gurih ini mampu memuaskan konsumen, bahkan dengan porsi nasi yang "jumbo" pun cukup dengan sekerat daging rendang, sayur nangka khas padang ditambah aneka kuah masakan seperti kuah kuning dan kuah cincang membentuk sebuah sajian kombinasi makanan yang luar biasa nikmatnya. Jika kalian tidak percaya, silahkan mampir ke warung/rumah makan padang di dekat rumahmu dan pesan Nasi Padang bungkus plus sambal ijo nya yang mantap, dijamin bakal ketagihan dan pastinya kenyang karena porsinya cukup besar menurut Sebagian penduduk Indonesia.

2. Nasi Goreng

Foto oleh bishop tamrakar dari Pexels
Foto oleh bishop tamrakar dari Pexels
Nasi Goreng cukup populer di Indonesia dan negara-negara dikawasan Asia Tenggara pada umumnya. Nasi goreng makin terkenal setelah mantan Presiden Amerika Serikat "Barrack Obama" yang waktu kecilnya pernah tinggal di Indonesia, menyebutkan salah satu masakan Indonesia yang dia sukai adalah Nasi Goreng. Nasi goreng sendiri termasuk mudah pembuatannya, bahkan bisa dibilang kita semua pasti bisa membuatnya sendiri. Hanya saja bumbu-bumbunya lah yang akan membedakan tingkat kelezatan sebuah nasi goreng. Nasi goreng yang biasa ditawarkan adalah nasi goreng kampung yang biasa dijajakan oleh pedagang nasi keliling yang meracik nasi goreng dengan campuran telor atau telornya dipisah dan digoreng tersendiri. Bumbu nasi goreng sebenarnya cukup mudah diracik mulai dari cabe, bawang, penyedap rasa, kecap, saos, garam dan sedikit terasi. Varian nasi goreng yang biasa dijual antara lain nasi goreng sea food, nasi goreng ati ampela dan nasi goreng kampung (telor ceplok).

3. Soto

https://mrfoodjournal.com
https://mrfoodjournal.com
Soto adalah makanan terkenal berikutnya yang bisa kita nikmati di hampir seluruh wilayah tanah air. Soto sendiri adalah makanan dengan kuah kaldu ayam/sapi ditaburi sayur-sayuran seperti touge, irisan daun bawang, dan irisan kol. Varian soto sangat beragam dan kadangkala menjadikan identitas suatu daerah misalnya Soto Padang, Soto Kudus, Soto Bening Jogya Solo, Sroto Banyumas, Soto Bangkong Semarang, Soto Sulung Surabaya, Tauto Pekalongan, Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Lamongan dan masih banyak lagi. Soto dengan tambahan daging ayam/sapi semakin mantap jika dinikmati selagi masih panas plus tambahan nasi putih hangat (bisa dipisah atau dicampurkan). Soto pun akan makin lengkap ketika disantap diberikan tambahan sambal dan/atau kecap secukupnya dan ditemani trio sahabat setianya yaitu tahu goreng, tempe goreng dan kerupuk. Bagi saya waktu paling pas menikmati soto adalah di pagi hari sebagai menu sarapan.

4. Nasi Rames Warteg

https://www.shutterstock.com/search/nasi+warteg
https://www.shutterstock.com/search/nasi+warteg
Siapa yang tidak mengenal warung Tegal. Terutama di Jakarta kita bisa temui hampir di setiap sudut komplek ada warung Tegal. Menu yang ditawarkan oleh warung Tegal biasanya sangatlah bervariatif dan tentunya mengundang selera kita untuk menikmatinya. Dari sejumlah survey yang saya lakukan sendiri mayoritas warung tegal menu andalannya adalah Nasi rames. Nasi rames Tegal ini adalah perpaduan dari Nasi putih hangat (biasanya porsinya jumbo kalau kita ngga bilang sama penjualnya agar takaran nasinya secukupnya alias setengah saja) yang dilengkapi dengan berbagai jenis lauk pauk dan sayuran. Jenis lauk dan sayuran yang umumnya warung Tegal ditawarkan adalah orek tempe, oseng-oseng kikil, sayur tahu, kentang dan telor balado, sayur sop, semur jengkol, ayam goreng, ikan goreng, tahu dan tempe goreng, telor asin, telor dadar dan pastinya tidak lupa ada sambelnya. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi nasi rames Tegal terbilang cukup murah, sesuai di kantong dan porsinya pasti mengenyangkan. Maka tak heran jika warung Tegal umumnya sangat laris, banyak pengunjungnya dan tentunya banyak menjamur di beberapa wilayah di Indonesia, dengan menu andalannya nasi Rames Tegal.

5. Bakso

Gambar oleh Stivian Putra dari Pixabay
Gambar oleh Stivian Putra dari Pixabay
Tidak berbeda jauh dari soto, baksopun juga merupakan makanan yang berkuah. Menu utamanya ya bakso itu sendiri yaitu daging olahan yang dibentuk menyerupai bola-bola dengan bervariasi ukurannya mulai dari sebesar biji kelereng sampai ada yang dibuat khusus sebesar bola kaki yang ukuran kecil. Kuah baksopun juga sama dengan soto yaitu kaldu sapi.

Bakso lebih nikmat jika dimakan dengan taburan irisan daun seledri, sedikit touge, dan diberi mie kuning atau bihun sebagai pengganti nasi. Bakso juga makin memuaskan Ketika memakannya diberikan campuran sambal, kecap manis dan saos dengan takaran sesuai selera. Varian bakso pun juga beragam mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso isi telur (puyuh/ayam), bakso rusuk, bakso granat (didalamnya ada potongan cabe), bakso ayam, bakso tenis dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x