Mohon tunggu...
Aditya Mulyawan
Aditya Mulyawan Mohon Tunggu... Freelancer - Jack of All Trades

Ingredients : 93% anxiety, the rest is eternal love and deep-dish pizza. Full-time (copy)writer, part-time jukebox selektor, and got no time for unrequited love.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Pulang Lebih Cepat? Simak 5 Tips Produktif di Kantor Ini!

30 Oktober 2019   20:11 Diperbarui: 30 Oktober 2019   20:23 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kerja lebih produktif adalah kunci untuk bisa pulang lebih cepat! (Dok. Shutterstock)

Siapa sih yang tidak mau pulang kantor tepat waktu? Tentunya kita semua menginginkan hal tersebut. Tak hanya bisa tiba di rumah lebih cepat, kita pun bisa melakukan hal-hal lain diluar pekerjaan. Entah mengikuti workshop untuk pengembangan diri ataupun sekedar hangout bersama teman-teman.

Akan tetapi realitanya, kita seringkali terjebak di kantor hingga larut malam karena pekerjaan yang belum juga usai. Demi menyelesaikan masalah ini, kita perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Apakah karena memang beban kerja kita yang tinggi, atau kita banyak membuang waktu saat jam kerja?

Nah, jika alasan kedua adalah penyebabnya, berikut adalah tips produktif di kantor yang bisa kalian ikuti.

1. Tentukan batas waktu untuk setiap pekerjaan
Cobalah untuk mulai membuat daftar pekerjaan harian, kemudian tentukan waktu yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaannya. Setelah mengetahui perkiraan waktunya, mulailah untuk mengaplikasikan batas waktu tersebut setiap harinya.

Jika telah terbiasa melakukan tips ini, kalian dapat segera mengidentifikasi saat performa menurut. Sehingga kedepannya, kalian bisa memperbaiki dan mendorong diri untuk lebih produktif setiap melakukan pekerjaan sehari-hari.

2. Sediakan waktu untuk beristirahat
Jika kalian berpikir dengan terus bekerja tanpa henti dapat menyelesakan masalah ini, salah besar. Faktanya, kalian perlu waktu untuk beristirahat sejenak agar bisa lebih produktif dalam bekerja.

Beberapa riset mengemukakan bahwa dengan beristirahat sejenak, konsentrasi yang tadinya buyar dapat kembali optimal. Selain itu, dengan beristirahat sejenak kalian dapat mempertahankan tingkat performa pekerjaan. Tapi ingat ya, jangan sampai keterusan rehatnya...

3. Jauhi "multi-tasking"
Hal ini juga seringkali menjadi salah kaprah, terutama para generasi milenial. Banyak orang yang mengira bahwa dengan melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus sebagai solusi. Padahal pemikiran ini salah besar.

Kunci utama untuk menjadi lebih produktif adalah dengan fokus. Biasakan untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum berpindah ke pekerjaan berikutnya. Selain dapat meningkatkan produktivitas, kebiasaan ini juga membuat kualitas pekerjaan menjadi lebih baik.

4. Buat jadwal harian
Aktivitas ini seringkali dianggap sepele. Padahal jika dibiasakan, aktivitas ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan. Membuat jadwal harian dan mengikutinya secara konsisten dapat membuatmu terhindar dari "kelupaan" dan melatih kedisiplinan dalam bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun