Mohon tunggu...
Aditya Fadilla Muslim
Aditya Fadilla Muslim Mohon Tunggu... adit

Sabar

Selanjutnya

Tutup

Media

Mahasiswa UNS "KKN Online" di Depok

9 Juli 2020   15:56 Diperbarui: 9 Juli 2020   16:10 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS "KKN Online" di Depok
dokpri KKN

dokpri KKN
dokpri KKN
(Depok, 3 Juli 2020), Program "KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19" merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UNS dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada suatu masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi (DRPMI Unpad). 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi penyaluran tekad mahasiswa dalam turut andil mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kini pandemi Covid-19 menjadi permasalahan kemanusiaan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Mahasiswa berupaya menciptakan masyarakat yang aktif dan mandiri guna mewujudkan kehidupan masyarakat  yang sejahtera. RT 001, RW 010 merupakan salah satu bagian di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. 

RT 001, RW 010 menjadi sasaran pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk mendorong terjaganya kondisi masyarakat yang aman agar terhindar dari penyebaran mata rantai virus Covid-19. KKN UNS ini dilaksanakan oleh mahasiswa bernama Aditya Fadilla M (NIM H0817002), Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Drs. Waridi Hendro Saputro, M Si. (NIP. 195510081981031001). KKN dengan judul program "Edukasi dan Pendampingan Masyarakat guna Terwujudnya Kehidupan Sehat kala Covid-19 di RT 001, RW 010, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok" ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei 2020 hingga tanggal 30 Juni 2020. Program kegiatan dilaksankan secara daring dan langsung sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap stay at home dan physical distancing. Physical distancing merupakan salah satu langkah pembatasan fisik yang dapat disarankan untuk pencegahan penyebaran mata rantai virus Covid-19 (alodokter.com). 

Program kerja dilakukan dengan membagikan desain foto dan video-video yang  berkaitan dengan supporting pemahaman masyarakat mengenai Covid-19 dan bagaimana pola hidup sehat saat pandemi Covid-19 serta pentingnya melakukan physical distancing dengan mmt dan pamphlet yang dapat disebarluaskan melalui group whatsapp. Edukasi terhadap masyarakat juga dilanjutkan dengan pemberian tutorial membuat Hand Sanitizer, yang disajikan dalam bentuk video dan disebar melalui WhatsApp Group, dan akun media sosial Instagram. Masyarakat juga diberi informasi mengenai cara mencuci tangan dengan baik dan benar, serta difasilitasi BCT (bak cuci tangan).. Program kerja yang telah terlaksana diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x