Mohon tunggu...
Aditya DikaPradana
Aditya DikaPradana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kreatif! Mempraktikan Kegiatan Ecoprint bersama UNNES GIAT 3 Desa Butuh Kidul

7 Desember 2022   12:38 Diperbarui: 7 Desember 2022   12:42 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES GIAT 3 Desa Butuh Kidul

Butuh Kidul, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo (23/11/2022)

Ecoprint merupakan proses menciptakan sebuah kain bermotif tumbuhan, di mana motif tersebut berasal dari tanaman asli. Eco-print mempertahankan warna dan bentuk dari tumbuhan yang menjadi motifnya. Pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan ecoprint merupakan usaha yang sangat mudah dikerjakan karena ecoprint memiliki keunggulan diantaranya yaitu ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan kimia, proses pembuatannya mudah, bahannya mudah diperoleh karena berasal dari dedaunan, bunga maupun ranting tumbuhan. Oleh karena itu mahasiswa UNNES GIAT 3 di Desa Butuh Kidul melaksanakan kegiatan praktek Ecoprint bersama anak-anak.

Mahasiswa UNNES GIAT Angkatan 3 di Desa Butuh Kidul melaksanakan kegiatan praktek ecoprint di SDN 4 Butuh pada Rabu (23/11). Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 SDN 4 Butuh yang berjumlah 27 siswa. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu guna meningkatkan kreatifitas anak-anak dan memberikan pengetahuan tentang pembuatan kerajinan dengan memanfaatkan bahan dari alam sekitar.

Kegiatan praktek ecoprint diawali dengan mengondisikan siswa di kelas, setelah itu melaksanakan doa bersama sebelum kegiatan, dilanjutkan dengan pemaparan video bagaimana cara melaksanakan ecoprint lalu dilanjutkan oleh mahasiswa yang memberikan contoh pelaksanaan praktek ecoprint didepan anak-anak.

Sebelum praktek dimulai, dari mahasiswa membagikan sebuah tas polos untuk digunakan sebagai media untuk ecoprint. Setelah itu para siswa menyiapkan alat dan bahan berupa batu dan dedaunan. Kegiatan berlangsung kurang lebih selama 2 jam.

Dalam kegiatan praktek ecoprint ini, mahasiswa UNNES Giat Angkatan 3 mengharapkan anak-anak dapat meningkatkan kreatifitas dan memberikan pengetahuan tentang pembuatan kerajinan yang berasal dari pemanfaatan lingkungan sekitar sehingga dapat bermanfaat bagi desa kedepannya, sesuai tagline program ini yaitu "Bersama UNNES Giat, Membangun Indonesia dari Desa".

Sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES GIAT 3 Desa Butuh Kidul
Sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES GIAT 3 Desa Butuh Kidul

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun