Mohon tunggu...
aditya pratama
aditya pratama Mohon Tunggu...

saya aditya pratama

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Paru- paru Dunia Adalah Indonesia

9 Juni 2014   22:58 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:29 3368 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paru- paru Dunia Adalah Indonesia
140230427998870333

Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, contohnya seperti hutan hujan tropis yang lebat dan kaya akan fauna dan flora langka. Tapi apakah kalian tau bahwa sebenarnya hutan hujan tropis di Indonesia memiliki peranan penting bagi dunia? Yuk kita bahas hal tersebut.

Karakteristik Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropika terbentuk di wilayah-wilayah beriklim tropis, dengan curah hujan tahunan minimum berkisar antara 1.750 millimetre (69 in) dan 2.000 millimetre (79 in). Sedangkan rata-rata temperatur bulanan berada di atas 18 °C (64 °F) di sepanjang tahun

Hutan basah ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.200 m dpl., di atas tanah-tanah yang subur atau relatif subur, kering (tidak tergenang air dalam waktu lama), dan tidak memiliki musim kemarau yang nyata (jumlah bulan kering)

Hutan hujan tropika merupakan vegetasi yang paling kaya, baik dalam arti jumlah jenis makhluk hidup yang membentuknya, maupun dalam tingginya nilai sumberdaya lahan (tanah, air, cahaya matahari) yang dimilikinya. Hutan dataran rendah ini didominasi oleh pepohonan besar yang membentuk tajuk berlapis-lapis (layering), sekurang-kurangnya tinggi tajuk teratas rata-rata adalah 45 m (paling tinggi dibandingkan rata-rata hutan lainnya), rapat, dan hijau sepanjang tahun.

Manfaat dan Fungsi Hutan Hujan Tropis di Indonesia

• menyediakan rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan;

• membantu menstabilkan iklim dunia;

• melindungi dari banjir, kekeringan, dan erosi;

• adalah sumber dari obat-obatan dan makanan;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x