Mohon tunggu...
Aditya Kurnia Akbar
Aditya Kurnia Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya seorang mahasiswa

Sedang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Games

Fantasy Premier League: Chips dalam FPL dan Tips Menggunakannya bagi Pemula

8 September 2022   19:48 Diperbarui: 8 September 2022   20:15 241 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tangkapan layar dok Fantasy Premier League

Dalam game Fantasy Premier League (FPL) para pemainnya diberi bebrapa bantuan atau biasa disebut dengan "Chips". Fungsi dari Chips ini adalah guna memudahkan para pemain dalam menghasilkan poin yang optimal. Di dalam FPL terdapat beberapa macam Chips yaitu Wildcard, Free hit, Triple captain, dan Bench Boost. Pada kali ini penulis akan mengulas berbagai macam Chips tersebut dan kapan saat yang tepat dalam menggunakan Chips tersebut.

  • Wildcard¬†:Wildcard adalah sebuah chip yang digunakan untuk melakukan transfer secara bebas tanpa terkena pengurangan poin dengan catatan sesuai dengan budget yang tersedia. Wildcard ini sifatnya permanen jadi transfer yang dilakukan saat menggunakan Wildcard akan berlaku pada Gameweek berikutnya juga. Pada FPL musim ini, aturan Wildcard berbeda dari musim-musim sebelumnya. Perbedaannya ialah musim ini diberikan jatah 2 kali menggunakan Wildcard dibanding musim sebelumnya hanya sekali. Hal ini dikarenakan faktor Piala dunia yang dilaksanakan di tengah kompetisi yang meningkatkan juga resiko cedera pada pemain. Jatah Wildcard pertama harus digunakan sebelum 12 November 2022, sedangkan Wildcard kedua baru bisa digunakan setelah tanggal 26 Desember 2022. Beberapa tips dalam menggunakan Wildcard yang pertama adalah gunakan Wildcard hanya ketika poin yang dihasilkan tim buruk selama minimal 3 gameweek berturut-turut yang menyebabkan peringkat tim dalam klasemen FPL menjadi anjlok. Selanjutnya, karena Wildcard ini bersifat permanen gantilah player yang dirasa tidak memberikan kontribusi dalam poin dan membeli player yang diprediksi akan terus konsisten hingga akhir musim.
  • Free Hit :Free Hit adalah sebuah chip yang memiliki fungsi hampir sama dengan Wildcard. Hal yang membedakan antar keduanya adalah Free Hit hanya bersifat sementara saja. Sementara disini berarti perubahan yang terjadi hanya berlaku di Gameweek dimana Free Hit itu digunakan. Komposisi pemain akan kembali berubah seperti semula yaitu seperti saat Free Hit belum digunakan. Chip Free Hit dianggap sebagai opsi kedua dari Wildcard karena Free Hit bisa digunakan oleh pemain yang takut gagal dalam menggunakan Wildcard. Selain itu, dengan Free Hit para pemain bisa bereksperimen terhadap komposisi player dalam tim nya. Tips menggunakan Free Hit juga hampir sama dengan menggunakan Wildcard. Perbedaannya ialah dalam menggunakan Free Hit gantilah player yang memiliki potensi menghasilkan poin kecil seperti disaat player menghadapi lawan yang sulit, kemudian belilah player yang berpotensi menghasilkan poin yang banyak di gameweek tersebut seperti disaar player menghadapi lawan yang mudah.
  • Triple Captain :Triple Captain adalah chip yang berfungsi memberikan kali 3 (x3) terhadap poin kapten yang telah dipilih. Chip ini digunakan untuk menghasilkan poin lebih dari biasanya, dimana yang biasanya poin kapten hanya dikali 2 (x2) kali ini bisa dikali 3 (x3). Triple Captain hanya tersedia satu kali saja sepanjang satu musim di dalam FPL. Tips menggunakan Triple Captain adalah gunakanlah ketika player yang ditunjuk sebagai kapten menjalankan Double Gameweek (DGW) di satu gameweek atau memainkan dua pertandingan di dalam satu gameweek. Ini karena peluang mendapatkan poin jauh lebih besar sebab yang biasanya hanya memainkan satu pertandingan menjadi dua pertandingan. Kemudian dalam pemilihan player, pilihlah player yang sudah pasti akan tampil baik dalam gameweek tersebut. Contoh player yang cocok ketika menggunakan chip ini adalah Haaland (Man City), Salah (Liverpool), dan Kane (Spurs).
  • Bench Boost :Bench Boost adalah chip yang berfungsi untuk menambahkan poin player cadangan kedalam perhitungan poin. Chip ini sangat membantu untuk menambahkan poin karena biasanya hanya 11 player yang masuk dalam perhitungan poin, tapi dengan chip ini menjadi 15 player yang masuk dalam perhitungan poin. Tips dalam menggunakan chip ini adalah gunakan ketika 15 player yang dimiliki minimal bermain diatas 60 menit dan berpeluang mencetak poin yang banyak seperti disaat melawan lawan yang mudah.

Untuk menambah keefektifan penggunaan chip khusunya Wildcard dan Free Hit, perlu juga memperhatikan aspek transfer yang dilakukan setiap gameweeknya. Dari transfer ini jika dilakukan dengan baik maka squad value satu tim akan meningkat. Cara meningkatkan squad value adalah mengikuti dinamika pasar dengan contoh mengganti player yang banyak dijual kemudian digantikan oleh player yang banyak dibeli. Fungsi dari squad value ini adalah memperbesar peluang untuk mendapatkan player yang bagus dan berharga mahal ketika Wildcard dan Free Hit digunakan.

Sekian pengenalan Chips dalam FPL dan tips dalam penggunannya. Semoga bermanfaat!

Oleh :Aditya Kurnia Akbar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan