Mohon tunggu...
adisty salshabilla
adisty salshabilla Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

mahasiswi univ unair

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Prodi Manajemen Perkantoran Digital di Era Sekarang

10 Oktober 2023   21:45 Diperbarui: 10 Oktober 2023   21:54 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi berdampak pada pekerjaan bidang administrasi perkantoran. Bidang administrasi perkantoran merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Perubahan signifikan terjadi pada bidang administrasi perkantoran sebagai dampak dari kemajuan teknologi.

Dampak dari penerapan sistem kerja baru berbasis teknologi digital menyebabkan peningkatan efisiensi kebutuhan mempekerjakan dalam bidang administrasi perkantoran digital. Suka atau tidak suka perubahan itu harus diterima dan dilakukan. Oleh karena itu prodi ini sangat penting dan perlu secara berkelanjutan, untuk menyesuaikan dan menggunakan teknologi yang terus mengalami evolusi bahkan revolusi.

Saat ini publik harus menyadari bahwa program studi ini sangat berpengaruh, semua orang sudah harus melek teknologi khususnya teknologi digital.

Seorang sekretaris misalnya, di samping harus memiliki karakteristik sebagaimana disebutkan di atas, harus menguasai keterampilan melaksanakan aktivitas kantor modern yang sebagian besar dikerjakan menggunakan komputer, internet, dan teknologi digital.

Setiap professional kantor, staf/karyawan administrasi, dan manajer kantor semua tingkatan, harus menyesuaikan kemampuan dengan evolusi dan revolusi teknologi di bidang perkantoran terutama kemampuan bidang kepemimpinan, keterampilan konseptual, analitis, hubungan antar manusia, dan keahlian teknis perkantoran.

Penguasaan teknologi digital menjadi sebuah keharusan. Kemampuan memanfaatkan komputer dan internet, khususnya teknologi digital kini merupakan tuntutan pada hampir semua bidang pekerjaan.

Pada bidang perkantoran, penggunaan teknologi digital memungkinkan pekerjaan semakin efisien, produktivitas semakin tinggi, dan product perkantoran semakin berkualitas. Itulah sebabnya para pengelola dan pelaku pekerjaan kantor harus menyadari pentingnya perubahan teknologi dan kesediaan untuk senantiasa mempersiapkan diri menghadapi perubahan tersebut serta mengembangkan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki sesuai dengan tuntutan masyarakat. Peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, dan efektif dapat dilakukan dengan pengunaan e-office dan digitalisasi layanan.

Administrasi perkantoran merupakan bagian penting dari aktivitas administrasi secara keseluruhan. Istilah administrasi berkaitan dengan kegiatan kerja sama dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kerja sama merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, teratur, dan terarah dengan pembagian tugas sesuai dengan persetujuan bersama.

Sebagaimana dipahami oleh sebagian besar ahli, Administrasi merupakan keseluruhan aktivitas penyelenggaraan kerjasama yang di dalamnya mencakup aspek-aspek: pengorganisasian, manajemen, pengelolaan komunikasi (internal dan eksternal), pengelolaan keuangan organisasi, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), pengelolaan informasi, dan pengelolaan sarana prasarana yang diperlukan.

Administrasi perkantoran merupakan bagian dari administrasi yang bertanggungjawab atas pengelolaan informasi dalam rangka melaksanakan seluruh aktivitas organisasi, khususnya dalam mendukung fungsi pimpinan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun