Mohon tunggu...
Muhammad Adi Riswan Al Mubarak
Muhammad Adi Riswan Al Mubarak Mohon Tunggu... Wiraswasta - Seorang Amil, Perawat Kebun dan Pesepeda Federal

Punya nama panjang, namun sering dipanggil dengan sebutan Adi Ram atau kalau harus ditulis dengan singkat memakai nama Muhammad Adi RAM, itu sudah cukup. Pernah mengelola blog sederhana www.tagayanhijau.com yang saat ini domainnya sudah hangus. Mencoba mengelola hobi lagi di YouTube Tagayan Hijau dan berusaha kembali membangkitkan gairah menulis melalui Kompasiana. Semoga memberi manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Ini Bengkel Motor Terbaik Versi Kita

4 September 2022   04:02 Diperbarui: 4 September 2022   06:28 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rutinitas kita tidak terlepas dari alat transportasi. Alat transportasi sesuai kebutuhan dan jarak yang kita tempuh. Sebut saja sepeda yang dijadikan alat transportasi sehari-hari yang saat ini lagi tren disebut commuter bike tentu tidak nyaman kalau ada bagian-bagian yang rusak. 

Kendati hanya sepeda tanpa mesin -tidak seperti sepeda motor atau mobil- kalau kita tidak mempunyai perlengkapan bengkel atau keahlian menyervisnya tentu menjadi hal yang memberatkan dan merepotkan bagi kita. 

Agar alat transportasi kita selalu nyaman dan aman saat dikendarai tentu kita harus disiplin untuk mencek kekurangan atau keausan part-partnya. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena harus memiliki keahlian dan keterampilan tertentu. Namun anda bisa merasakan apabila sepeda, sepeda motor atau mobil anda sudah terasa tidak enak dikendarai anda harus cepat-cepat membawanya ke bengkel terdekat sebelum semuanya berubah semakin tidak nyaman bagi anda bahkan kerusakan parah. 

Tiga hari terakhir saya lagi disibukkan mengurus sepeda motor yang saya pakai sehari-hari untuk bekerja dan keperluan rumah tangga. Hanya karena lupa, satu pekan sebelumnya saya harus bayar denda pajak tahunan sepeda motor keluaran tahun 2014 ini yang sejak tujuh lalu saya pakai sebagai kendaraan utama. 

Berlanjut sepeda motor ini harus diservis berkala dan ganti oli sekaligus mencekan sparpart lainnya untuk diganti.

Urusan mesin, saya lebih memilih untuk membawanya ke bengkel dealer resmi sesuai merk motor saya. Bahkan jarang sekali pada bengkel non-resmi atau bengkel pinggir jalan kecuali dalam keadaan darurat. Kenapa demikian? Karena saya yakin, bengkel resmi sudah memiliki mekanik handal dan terlatih. Tentunya punya kelengkapan alat pendeteksi kerusakan berstandar. 

Berbeda ketika kita mau ganti sparepart yang sudah rusak atau aus biasanya cukup bengkel pinggiran namun part yang dipasang saya upayakan membeli yang asli, walau mahal tapi kita puas memakainya karena kuat dan tahan lama. 

Berikut saya rincikan beberapa kelebihan kita memakai jasa bengkel resmi dan non resmi berserta kekurangannya versi saya:

Kelebihan bengkel resmi:

1. Ditangani tenaga handak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan