Mohon tunggu...
Abdulqhadir
Abdulqhadir Mohon Tunggu... Twins-Twins

Bismillah "Baca apa yang kamu lihat, pikirkan apa yng kamu baca, dan tulis apa yang kamu fikirkan. Insyaallah namamu akan dikenang".

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat pendidikan Aliran Pragmatisme dan Tokoh-tokohnya

28 April 2020   14:48 Diperbarui: 28 April 2020   14:52 24 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb

Saya panjatkan puji syukur kepada Allah swt. Yang mana telah melimpahkan kesehatan sehingga bisa beraktivitas dan menulis artikel. Nah sekarang saya akan membahas tentang Aliran pragmatisme filsafat pendidikan yang mana saya sudah pelajari.

Pembahasan yang akan saya bahas ada 2;

a. Pengertian Pragmatisme

Pragmatisme berasal dari dua kata yaitu "pragma" & "isme". Pragma berasal dari bahasa yunani yang artinya sebuat tindakan atau perbuatan. Sedangkan Isme yaitu ajaran atau aliran.

Jadi Pragmatisme adalah ajaran atau aliran yang berpandangan bahwa pemikiran itu mengikuti tindakan seseorang. Sedangkan dalam filsafat pendidikan aliran pragmatisme adalah aliran yang berpandangan bahwa kriteria sesuatu memiliki kegunaan bagi kehidupan yang nyata.

Pragmatisme memandang bahwa siswa merupakan organisme rumit yang mempunyai kemampuan luar biasa untuk tumbuh, sedangkan guru berperan untuk memimpin dan membimbing pengalaman belajar tanpa ikut campur terlalu jauh atas minat dan kebutuhan siswa.

b. Tokoh-Tokoh Aliran Pragmatisme

1). Charles Sandre Peiree.

Charles Sandre Peiree seorang filsuf yang hidup pada tahun (1893-1942 M) menyimpulkan bahwa salah satu kunci dalam usaha adalah bukti, data, persepsi dan peluang yang tersedia bagi para peneliti. Menurutnya yang terpenting adalah pengaruh apa yang dimiliki suatu ide dalam suatu rencana, tindakan dan bukan hakikat suatu ide.

2). William James (1942-1910 M).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x