Mohon tunggu...
adi purnomo
adi purnomo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNDIP Buat Hand Sanitizer Ramah Lingkungan di Tengah Masa Pandemi Covid-19

15 Agustus 2020   04:09 Diperbarui: 15 Agustus 2020   04:05 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNDIP Buat Hand Sanitizer Ramah Lingkungan di Tengah Masa Pandemi Covid-19
whatsapp-image-2020-08-14-at-18-35-09-5f36fa01d541df60541691b2.jpeg

Semarang (13/8/20), Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang diterjunkan di masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dibawah bimbingan dosen Ibu Laura Andri Retno Martini, SS, MA. menjalankan program kerja KKN selama 45 hari dimana mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan diri guna memperkecil persebaran wabah Covid-19.

Ditengah pandemi Covid-19 permintaan hand sanitizer sangat tinggi menyebabkab adanya kelangkaan produk-produk itu di pasaran. Untuk mengurangi kelangkaan handsanitizer masyarakat ternyata bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan esktrak lidah buaya.

Jumat(31/07), mahasiswa melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar resiko penularan penyakit Covid-19. Kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi dan pembagian Handsanitizer ramah lingkungan serta pembagian masker guna mencegah tertularnya penyakit Covid-19. Bahan alami yang digunakan dalam pembuatan handsanitizer ini dapat mudah dicari yaitu dengan menggunakan ekstrak lidah buaya yang dicampurkan dengan alkohol 70%. Memang lidah buaya sudah teruji dapat digunakan sebagai antiseptik dalam membunuh kuman dan mensterilkan tangan. Namun, karena handsanitizer ini dibuat dengan bahan alami maka ketahanannya pun shanya bisa digunakan hingga 2 minggu.

Kegiatan program kerja KKN sendiri dilakukan didaerah perkotaan di kampung sumur bong RT.05/RW.06 yang terletak di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, harapannya dapat membangun kerjasama dengan masyarakat untuk melawan virus corona, agar virus ini tidak semakin menyebar dan masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya kembali di era new normal.

Author : Kok Adi Purnomo - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Akuakultur

Editor  : Laura Andri Retno Martini, SS, MA. (Dosen KKN)

VIDEO PILIHAN