Mohon tunggu...
Adinda Tasya Nur Rohmah
Adinda Tasya Nur Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas airlangga

suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Konsistensi Membaca Buku untuk Relaksasi Otak dan Tubuh

13 Mei 2024   19:00 Diperbarui: 16 Mei 2024   00:08 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membaca buku. (Sumber: Shutterstock via kompas.com)

Membaca merupakan salah satu kegiatan sederhana yang menyenangkan dan dapat menambah pengetahuan kita, dengan membaca kita akan mengetahui banyak hal yang sebelumnya belum kita ketahui. 

Di era yang modern saat ini tentu saja sudah banyak media yang dapat kita gunakan untuk membaca, baik itu melalui internet, sosial media maupun yang lainnya. 

Namun, sangat disayangkan pula banyak masyarakat saat ini yang lebih sering menggunakan internet untuk media baca daripada menggunakan buku. 

Padahal dengan membaca melalui buku kita dapat lebih merasakan kenikmatan dalam membaca dan juga otak kita akan istirahat dari penggunaan gadget sehari-hari.

Membaca melalui internet maupun membaca melalui buku secara fisik sebenarnya sama-sama baik, namun mereka memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. 

Saat kita membaca dengan buku secara fisik mata kita akan lebih rileks daripada membaca melalui gadget. 

Mengapa? Karena paparan sinar dari smartphone maupun ponsel yang kita gunakan akan mengenai mata kita secara langsung dan dapat menimbulkan kelelahan pada mata kita. Hal ini dapat menyebabkan mata kita mengalami gangguan seperti iritasi, mata merah, minus, dan lain-lain.

Pernahkan kalian mengalami rasa kantuk saat membaca buku? Ya, hal itu memang wajar jika terjadi. Karena, saat kita membaca buku secara fisik, selain mata kita akan lebih rileks, tubuh kita juga akan lebih rileks. Sehingga kita dapat tidur lebih cepat. 

Selain itu hal ini juga dapat memperbaiki pola tidur kita. Lain halnya jika kita membaca melalui ponsel, selain dapat melelahkan mata juga dapat menganggu waktu tidur kita.

Kita harus selalu meluangkan waktu setidaknya 10-15 menit untuk membaca buku secara fisik. Karena, dalam sehari mungkin hampir setiap waktu kita selalu berhadapan dengan gadget kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun