Adinda Mutia Muwardati
Adinda Mutia Muwardati Karyawan yang sedang membelah diri menjadi mahasiswa

penulis amatiran

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mengintip Persiapan Venue Asian Games 2018 di Palembang

14 Januari 2019   15:23 Diperbarui: 14 Januari 2019   15:25 254 0 0
Mengintip Persiapan Venue Asian Games 2018 di Palembang
Kemeriahan pertandingan tenis di Jakabaring | Sumber: ANTARA FOTO/INASGOC/WAHYU PUTRO A

Pelaksanaan Asian Games sudah berlalu. Seperti yang kita ketahui, Asian Games 2018 ini tidak hanya dilaksanakan di Jakarta saja, Palembang juga ikut mendampingi Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Ini menjadi kali kedua Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam perhelatan Asian Games.

Banyak Venue Asian Games 2018 dan pembangunan gedung yang tentu saja mampu menampung hingga 2500 orang daru 45 negara peserta Asian Games 2018. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring menjadi venue utama untuk pelaksaan Asian Games 2018. Tentu saja ini menjadi tugas bagi pemerintah kota Palembang untuk mampu berbenah agar tempat yang dijadikan venue dianggap layak dan memenuhi segala syaratnya dan mereka sudah membuktikan keberhasilannya.

Ada sekitar 41 cabang olahraga yang telah dipertandingkan pada Asian Games 2018 dan 13 diantaranya tentu saja dilaksanakan di Palembang, sedangkan sisanya di Jakarta. Pertandingan tersebut antara lain Bowling, Dayung (Kano/Kayak, Prahu Naga, Rowing), Roller Sport (Roller Skate dan Skateboard), Sepakbola Putri, Sepak Takraw, Panjat Tebing, Menembak, Voli Pantai, Triathon dan Tenis Lapangan.

Untuk kesiapan dari venue itu sendiri, tentu tidak perlu diragukan lagi sebagaimana Anda bisa melihatnya ketika Anda menyaksikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring pada saat Asian Games dilaksanakan tempo lalu. Di sana tentunya terlihat banyak sekali venue yang telah selesai diperbaiki dan dibenahi sebelum waktu pergelaran Asian Games. Venue tersebut telah memenuhi standar Asian Games 2018. Area di stadion inipun terasa lebih menyenangkan dan nyaman untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

(ki-ka) Managing Director APP Sinar Mas - Saleh Husein, Menpora RI - Imam Nahrawi, Direktur APP Sinar Mas - Suhendra Wiriadinata saat meresmikan Sinarmas Bowling Center di Jakabaring Sport Center | Sumber: APP Sinarmas
(ki-ka) Managing Director APP Sinar Mas - Saleh Husein, Menpora RI - Imam Nahrawi, Direktur APP Sinar Mas - Suhendra Wiriadinata saat meresmikan Sinarmas Bowling Center di Jakabaring Sport Center | Sumber: APP Sinarmas
Venue bowling adalah salah satu venue baru yang ada di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Luas lokasi pembangunan venue bowling ini sekitar 4.200 meter persegi. Untuk halaman dari venue bowling ini, telah sukses dibuat agar terlihat cantik dan asri. Venue besar ini juga memiliki fasilitas yang memadai untuk bertandingnya para atlet yang berpartisipasi dalam Asian Games yang telah diselenggarakan. Venue bowling yang megah ini dibangun di atas lahan seluas 2.8 hektar juga sebagai bentuk dukungan dari Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas sebagai official partner Asian Games 2018. Pembangunan venue ini memakan biaya hingga 27 Milyar Rupiah.

Keterlibatan APP pada Asian Games 2018 ini bukan tanpa alasan, karena APP Sinar Mas komitmen untuk mendukung program pemerintah, Untukmu Indonesiaku. Venue bowling ini berada di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) dan telah digunakan untuk pelaksanaan Asian Games 2018. Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah gedung bowling yang diberi nama Sinar Mas Bowling Center dan merupakan bowling center dengan standar internasional.

Yang menarik dari venue ini adalah, masyarakat umum diizinkan untuk merasakan bermain bowling dengan standar internasional. Beberapa waktu sebelum Asian Games dimulai, masyarakat telah diizinkan bermain bowling di sini hanya dengan membayar sebesar 20 ribu rupiah per-set nya. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk menggunakan kaos kaki dan menyewa sepatu. Jika Anda lupa membawa kaos kaki, bowling center ini juga bisa menyewakannya untuk Anda. Arena bermain bowling ini mendapatkan sambutan yang cukup signifikan dari masyarakat Palembang, jumlah kunjungannya terus meningkat, apalagi di saat akhir minggu (Sabtu dan Minggu). Biasanya mereka datang bersama dengan teman atau keluarga untuk menjajal keseruan bowling bertaraf internasional.

Menurut Dewan Olimpiade Asia (OCA), bowling center ini merupakan bowling center terbaik di Asia. Tempat ini dapat menampung hingga 600 penonton, dengan desain eksterior unik yang berbentuk seperti pin bowling. Seluruh ruangan di bowling center ini difasilitasi dengan pendingin ruangan (AC) dengan suhu minimal 21 derajat, hal ini juga dimaksudkan untuk membuat para atlet merasa nyaman dengan hawa di dalam bowling center ini saat bertanding.

Jakabaring Bowling Center | Sumber: bowlingdigital.com
Jakabaring Bowling Center | Sumber: bowlingdigital.com
Anda harus merasakan sendiri keseruan yang akan Anda alami dengan bermain di bowling center ini. Jika soal kenyamanan tentu tidak diragukan lagi karena sudah diakui oleh hampir semua orang yang datang ke bowling center tersebut baik sebelum Asian Games dimulai bahkan ketika mereka datang untuk memberikan dukungan pada para Atlet yang bertanding. Pembangunan Jakabaring Bowling Center (Sinar Mas Bowling Center) adalah simbol penting untuk menunjukkan bahwa Indonesia memang siap menyambut Asian Games 2018.

Semoga saja fasilitas dan kualitas yang saat ini dibanggakan dari Jakabaring Bowling Center ini dapat tetap dijaga meskipun Asian Games 2018 telah selesai. Akan sangat disayangkan jika dana yang telah diberikan oleh APP Sinar Mas tidak digunakan sebaik-baiknya.