Mohon tunggu...
ADINDA AYU PERMATASARI
ADINDA AYU PERMATASARI Mohon Tunggu... Mahasiswa

UPI 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Artikel KKN Pencegahan Covid-19

6 Juli 2020   09:01 Diperbarui: 6 Juli 2020   08:58 180 2 0 Mohon Tunggu...

PENDATAAN PENDUDUK SERTA SOSIALISASI DAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT SEKITAR DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID 19 DI RW 02 KELURAHAN RANCABOLANG KECAMATAN GEDEBAGE KOTA BANDUNG

Adinda Ayu Permatasari

PGSD UPI Kampus Daerah Cibiru

email: adindaayup20@upi.edu

Abstrak

Wabah Covid 19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia ini telah melanda negara Indonesia. Maka kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar (KKN Tematik Covid-19 MMB) dengan tema "Edukasi Pencegahan Covid-19" ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara mendata masyarakat di lingkungan sekitar mahasiswa terkait upaya pencegahan virus Covid 19, mengedukasi masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan ketika masa pandemik ini, serta memberikan bantuan APD kepada masyarakat.

Kata kunci : upaya pencegahan, edukasi Covid 19, pendataan penduduk.

Pendahuluan

Sejak awal bulan maret 2020, wabah virus Covid 19 melanda negara Indonesia. Hal tersebut sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat di negara Indonesia, bahkan sebelumnya wabah ini telah melanda negara lain. Wabah ini berasal dari virus Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. 

Sebulan lebih sesudah masuknya Covid-19 ke Indonesia, untuk pertama kalinya tercatat angka kesembuhan pengidap covid-19 lebih besar dari jumlah penduduk yang meninggal karena virus tersebut. Tanggal 16 April 2020, data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan 548 pasien yang sembuh, sedangkan jumlah pasien meninggal 496 orang.

Pemerintah di Indonesia pun sudah berupaya untuk mencegah dan menanggulangi tersebarnya virus covid 19 tersebut dengan membuat kebijakan-kebijakan yang mampu mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya melaksanakan PSBB (pembatasan sosia; berskala besar), menghimbau masyarakat untuk tetap berjaga jarak, membiasakan hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan, menggunakan masker, lalu melakukan rapid test dan protokol kesehatan lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN