Mohon tunggu...
Afiffahh
Afiffahh Mohon Tunggu... mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Beda S1 dan S2 Desain: Naik Level di Dunia Kreatif!

15 Mei 2025   11:04 Diperbarui: 15 Mei 2025   11:04 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

S2 Desain itu ibarat upgrade dari petualangan kamu di dunia kreatif. Kalau kamu sudah lulus S1 dan mulai kepikiran lanjut kuliah lagi, mungkin muncul banyak pertanyaan: emang bedanya apa? Pelajarannya lebih sulit? Worth it nggak buat karier? Tenang, yuk kita bahas satu per satu dengan gaya santai tapi informatif, biar kamu makin mantap ambil langkah selanjutnya!

Tujuan Utama: S1 Belajar Dasar, S2 Gali Lebih Dalam

  • S1 Desain itu fokus di pengenalan dunia desain. Kamu belajar dari nol: prinsip desain, sejarah seni, dan cara pakai software desain. Semua yang bersifat teknis dan praktis.

  • S2 Desain, kamu diajak berpikir lebih dalam dan strategis. Fokusnya bukan cuma "gimana cara bikin desain", tapi "kenapa desain ini penting?" dan "apa dampaknya buat masyarakat?"

Gaya Belajar: Dari Praktik ke Eksplorasi Akademis

  • S1: Banyak kerja praktik. Kamu akan sering bikin tugas proyek, desain mockup, layout, dan ngulik software.

  • S2: Lebih banyak eksplorasi akademik. Kamu akan belajar design research methods, analisis, dan bikin tesis desain. Kamu akan masuk ke dunia design research methodology, user experience, dan pendekatan berbasis data.

Dari Estetika ke Filosofi Desain

  • S1: Fokus pada komposisi warna, bentuk, dan layout.

  • S2: Lebih dalam ke filosofi desain. Kamu akan ditantang mikirin pesan apa yang ingin disampaikan lewat desainmu, dan bagaimana desain bisa memberi dampak sosial.

Hasil Akhir: Portofolio vs Tesis Desain

  • S1: Lulus dengan portofolio karya desain---kartu as kamu buat cari kerja.

  • S2: Lulus dengan tesis desain berbasis riset mendalam. Biasanya berupa proyek nyata yang menyelesaikan masalah spesifik dengan pendekatan ilmiah. 


Tantangan: Dari Teknis ke Konseptual

  • S1: Tantangan lebih ke teknis, seperti menyelesaikan revisi desain dan memenuhi deadline.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun