APA itu Sertifikat Elektronik?
Sertifikat Elektronik (Digital Certificate) adalah sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan sifat hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau oleh penyelenggara sertifikasi elektronik. Sertifikat elektronik
Â
 juga diperlukan untuk pengajuan keberatan secara elektronik, penyampaian komunikasi kompilasi SPT yang tidak benar oleh Wajib Pajak dan layanan perpajakan elektronik lainnya yang akan ditentukan dan/atau disediakan oleh DJP.
Manfaat Sertifikat ElektronikÂ
- mempermudah pembuatan sertifikat karena bahan yang di butuhkan tidak banyak
- sebagai tambahan CV
- menambah nilai saat melamar kerja
MEMPERSIPKAN TEMPLATE SERTIFIKAT
Untuk template sertifikat, kita dapat mendesainnya dengan Google Slide atau Google Documents. Selain itu, kita juga dapat mendesain template sertifikat menggunakan Microsoft PowerPoint terlebih dahulu, kemudian mengunggahnya ke Google Drive dan mengubahnya menjadi Google Slide. Pada contoh ini template sertifikat dirancang menggunakan Google Slides dengan tampilan sebagai berikut dengan tampilan sebagai berikut:
 Perlu diketahui bahwa untuk nama dan bagian dari sertifikat di atas akan berjalan secara otomatis berdasarkan data yang dimasukkan di Google form. Oleh karena itu, untuk sertifikat ini, field yang akan diubah adalah Nama dan Bagian , seharusnya ditulis seperti ini <> dan <>Â
MEMPERSIPKAN FORMULIR
Setelah Template sertifikat anda buat, kemudian kita buat form registrasi Seminar yang nantinya data dari form registrasi inilah yang akan kita jadikan sertifikat.
Dalam folder google drive sertifikat klik New kemudian Google Formulir klik formulir kosong.
Buat judul formulir misal " Formulir Sertifikat Workshop ". Kemudian pada Pertanyaan isikan sesuai yang kita buat di google slide diatas.
- Nama -- Option Jawaban Singkat -- Wajib Diisi
Bagian -- Option Pilihan Ganda -- Moderator dan Pesreta - Wajib Diisi
- Email -- Option Jawaban Singkat -- Wajib Diisi.
Lihat contoh gambar di bawah:
Setelah Selesai membuat form Registrasi Seminar, kita uji dulu dengan cara klik gambar mata pada menu diatas.dan lihat hasilnya.
Selanjutnya Kita pindah ke bagian Jawaban klik logo Spreadsheet dan Pada option pilih Buat Spreadsheet baru kemudian klik Buat.
Berikutnya akan tampil tab Spreadsheet baru di browser, dimana spreadsheet ini nantinya akan menjadi database dari formulir registrasi seminar.seperti gambar berikut
Menghubungkan Database Spreadsheet dengan template sertifikat seminar
Agar sertifikat seminar dihasilkan secara otomatis, kita perlu menautkan database spreadsheet dengan template sertifikat seminar yang kita buat di atas.
Caranya pada Spreadsheet klik menu Ekstensi kemudian klik Add-on lalu klik Dapatkan Add-on.
Lalu cari aplikasi seperti gambar berikut lalu klik instal.
Jika ada permintaan perizinan maka izinkanlah untuk akses pengoprasian.
Jika sudah selesai maka akan seperti gambar di bawah
Lalu kembali lagi ke Spreadsheet,kemudian klik Spreadsheet klik menu Ekstensi kemudian klik Autocrat->open
Setelah Add-on Autocrat terbuka,pilih New Job,lalu lakukan langkah-langkah berikut
1 -- Nama Job ketik saja "Sertifikat Workshop" Atau apa yang ingin anda ketik ->Klik Next
2 -- menghubungkan template yang kita buat tadi klik From Drive ( Di folder tempat menyimpan template) kemudian pilih template  yang kita buat tadi-> Klik Next
3 -- Menghubungkan antara template dengan database Spreadsheet. Samakan antara kode di template dengan data di database spreadsheet. Huruf besar dan kecil harus sama tidak boleh berbeda->Klik Next
4 -- Membuat nama file, ketikan Sertifikat <>. Jadi kode <> akan memanggil dari database Spreadsheet masing-masing Peserta seminar yang kita kirim melalui email nantinya.
Pada menu pilihan Type anda pilih sesuai kebutuhan, kalau untuk sertifikat saya sarankan pilih simpan dalam bentuk PDF->Klik Next
5 -- pilih tempat penyimpanan file sertifikat seminar. anda bisa membuat folder baru, caranya buat folder baru lagi di google drive dan kemudian pilih folder penyimpanan->Klik Next
6- klik Next
7- Klik Next
8 -- Pada step Share Docs and Send Emails klik Option Yes Scroll kebawah kemudian seting untuk pengiriman email. Jadi kita seting otomatis sertifikat terkirim ke email masing-masing peserta seminar.
ketik To : <> ( huruf besar kecil berpengaruh) jadi samakan huruf Email dengan yang ada pada Database Spreadsheet.
Tambahakan Subjek sesuai kebutuhan anda-> Klik Next
9 -- Add/Remove Triger Job pada option Run on form Trigger pilih Yes kemudian pada Option Run on Time Trigger pilih NO ->Klik Save.
Anda telah berhasil membuat sertifikat seminar. Silahkan di uji coba dulu Apakah ada yang kurang pas.jika ada  silahkan edit kembali.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG