Mohon tunggu...
Adi Kurniawan
Adi Kurniawan Mohon Tunggu... Surabaya

Pendidik, peminat olahraga dan hidroponik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya Beri Pelatihan PLC Secara Online pada Guru SMK

1 Desember 2020   13:32 Diperbarui: 1 Desember 2020   13:36 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya Beri Pelatihan PLC Secara Online pada Guru SMK
Peserta Pelatihan PLC Online

Pada periode industri 4.0 seperti saat ini, otomatisasi dalam berbagai aspek di dunia industri adalah sebuah keniscayaan. Bagi lulusan perguruan tinggi maupun pendidikan menengah, terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kemampuan untuk merancang, menganalisa, ataupun sekedar mengoperasikan sistem pengendali otomatis menjadi nilai lebih untuk dapat berkarir di dunia industri. Salah satu sistem pengendali otomatis yang saat ini banyak digunakan di dunia industri adalah Programmable Logic Controller (PLC).

Sehubungan dengan meningkatkan kompetensi lulusan siswa SMK dalam merancang PLC, tim dosen dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), mengadakan pelatihan PLC berbasis online untuk para guru SMK, mahasiswa yang merupakan calon guru SMK, serta siswa SMK di Surabaya dan sekitarnya. 

Kegiatan pelatihan PLC berbasis online ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai oleh Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS. Tim pengabdi merupakan dosen anggota laboratorium listrik kapal dan sistem otomatisasi yang selama ini telah berkecimpung dalam penelitian di bidang otomatisasi di berbagai bidang, khususnya bidang maritim.


Pelatihan PLC berbasis online dilakukan pada hari Sabtu tanggal 21 November 2020. Target utama dari pelatihan ini adalah para guru SMK, dengan harapan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan para guru terkait pemrograman PLC, sehingga dapat meneruskan ilmunya kepada para siswa di SMK masing-masing.

Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi seminar dan sesi tutorial. Sesi seminar dipandul oleh moderator Dr. Eddy Setyo Koenhardono, S.T., M.Sc. yang merupakan salah satu anggota tim pengabdi dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS. 

Sesi seminar diisi oleh tiga pemateri. Pemateri pertama adalah Juniarko Prananda, S.T., M.T. yang juga merupakan dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, dengan paparan materi bertema pengenalan PLC dan riset tentang PLC di Departemen Teknik Sistem Perkapalan. Pemateri kedua adalah Drs. Bambang Suprijono, S.T., M.T. yang merupakan guru SMK Negeri 7 Surabaya sekaligus perwakilan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ketenagalistrikan Surabaya. 

Paparan materi dari Drs. Bambang Suprijono, S.T., M.T. bertema tentang materi pembelajaran PLC di SMK selama ini serta hambatan yang dialami akibat pandemi Covid-19. Materi terakhir pada sesi seminar adalah aplikasi PLC di industri yang dibawakan oleh Muhammad Sa'ad, S.T. yang merupakan perekayasa dari P.T. Chevron Pasifiic Indonesia. 

Pemaparan narasumber dari tiga aspek, yaitu pendidikan menengah, pendidikan tinggi, serta industri, tidak hanya bertujuan untuk menambah wawasan peserta terkait pembelajaran dan aplikasi PLC saja, namun juga untuk meningkatkan sinergi untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh indistri.

Selepas sesi seminar, pelatihan dilanjutkan dengan sesi tutorial. Pada sesi tutorial, peserta dikenalkan dan dilatih untuk membuat program PLC sederhana. Sesi tutorial dipandu oleh Dr.Eng. Adi Kurniawan, S.T., M.T. yang merupakan ketua tim pengabdian masyarakat dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x