Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bisakah Tetap Sehat tanpa Punya Resolusi Sama Sekali

19 Januari 2022   07:00 Diperbarui: 19 Januari 2022   07:02 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Resolusi/ Sumber: https://www.centreon.com/

Jika ditanya tentang apa resolusi sehat untuk tahun 2022, dengan jujur, saya bakal menjawab bahwa saya tidak punya resolusi sehat sama sekali. Mungkin hal ini agak "nyeleneh", tapi menurut saya, kesehatan itu dikondisikan, bukan dicapai, layaknya sebuah resolusi.

Beda dengan body building, yang menuntut adanya target tertentu dalam membentuk tubuh, kesehatan adalah sesuatu yang terwujud secara alamiah, asalkan kita mau menerapkan pola hidup sehat. Jadi, tanpa harus dipasang target sekalipun, apabila kita mau menerapkan pola hidup sehat, maka kesehatan yang prima bisa kita peroleh.

Menerapkan pola hidup sehat bisa bermacam-macam bentuknya. Walau begitu, tujuannya tetaplah sama, yakni mengondisikan terwujudnya kesehatan secara jasmani dan mental.

Kesehatan jasmani dan mental tentu mesti berimbang. Maklum, kedua kesehatan tadi saling memengaruhi satu sama lain.

Adalah sesuatu yang kurang lengkap jika kita mempunyai fisik yang terlihat segar bugar, tetapi secara mental, kita malah sakit, pun demikian sebaliknya, sulit rasanya menjalani hidup dengan baik apabila kita hanya punya mental yang sehat, tetapi secara jasmani, sering sakit-sakitan. Jadi, supaya hidup yang kita jalani menjadi lebih maksimal, kedua kesehatan tadi sebisanya diwujudkan secara bersamaan.

Cara saya dalam memelihara kesehatan jasmani dan mental sebetulnya cukup sederhana. Setidaknya ada lima cara yang saya lakukan demi merawat kesehatan.

1. Gowes

Sudah lebih dari tiga tahun saya rutin bersepeda alias gowes. Saya gowes setiap akhir pekan, terutama pada hari Minggu. Hari Minggu saya pilih karena itulah waktu yang tersedia bagi saya.

Maklum, dari Senin sampai Sabtu, saya sibuk mengurus bisnis, sehingga hanya punya satu hari saja untuk gowes. Meski begitu, saya rasa, itu sudah cukup. Sebab, gowes membikin tubuh saya lebih segar.

Gowes/ Sumber: https://www.visitlodi.com/
Gowes/ Sumber: https://www.visitlodi.com/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun