Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

SpotQoe, Solusi Pencarian Tempat Kerja bagi "Karyawan Zaman Now"

30 Agustus 2018   10:09 Diperbarui: 30 Agustus 2018   12:11 880
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi coworking space (sumber: https://tech.co)

Beberapa bulan lalu, sewaktu sedang menyusun sebuah draf novel, saya sempat mengalami "dilema". Bukan karena tiba-tiba pikiran saya "buntu" meneruskan cerita. Melainkan karena saya bingung memilih tempat yang nyaman untuk menuangkan ide ke dalam naskah.

Maklum saja, saat saya merangkai kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan paragraf demi paragraf, untuk menjadi sebuah cerita yang utuh, saya butuh tempat yang cukup sepi. Sebab, saya agak sulit menulis di tempat-tempat yang ramai, dan kalaupun dipaksakan, pikiran saya bisa mendadak mandek, sukar "menelurkan" ide-ide terbaik untuk bahan novel saya.

Akhirnya, saya pun menelusuri informasi tentang tempat-tempat yang asyik untuk menulis di Google. Saya mendambakan sebuah tempat, macam coworking space, yang suasananya enak dan fasilitasnya lengkap agar saya bisa bekerja dengan maksimal.

Namun, tempat seperti itu "luput" dari pencarian saya. Setelah mencari sana-sini, saya enggak menemukan satu pun yang pas. Jadi, kembalilah saya "berkeliaran" ke beberapa tempat makanan umum di sekitar Bekasi untuk merampungkan draf naskah yang sudah mepet deadline itu. Hahahahaha.

Akan tetapi, semua itu hanya "cerita masa lalu". Seiring perkembangan zaman, kini telah hadir aplikasi yang mempermudah kita untuk melacak tempat-tempat yang kredibel dijadikan "arena" bekerja zaman now. Satu di antaranya ialah SpotQoe.

Mengenal SpotQoe

Spotqoe adalah sebuah platform online untuk pemesanan ruang meeting dan ruang event. Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) itu menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile.

Kehadiran SpotQoe merupakan upaya AXI dalam "membaca" tren dunia kerja pada masa depan. Maklum saja, pada masa depan, para karyawan, yang mayoritas didominasi kalangan milenials, akan lebih banyak menyelesaikan tugas secara mobile sehingga mereka memerlukan tempat yang cocok untuk bekerja.

Hal itu sejalan dengan uraian yang disampaikan oleh Hari Ananto, selaku Head of SpotQoe, dalam acara peluncuran SpotQoe di Agro Plaza pada 28 Agustus kemarin. Ia mengatakan, "SpotQoe diluncurkan guna menjadi solusi atas tantangan bisnis. Hasil market research kami menemukan ada empat isu utama dalam industri pemesanan ruangan secara online, baik dari penyedia ruangan maupun dari segi konsumen.

"Pertama, penyedia ruangan sudah semakin banyak namun penggunaan ruang masih belum maksimal. Kedua, prosedur pemesanan ruangan terbiasa dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang lama.

"Ketiga, aset perusahaan yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawannya untuk melaksanakan aktivitas bisnis seperti meeting dan event. Keempat, berkembangnya tren mobile worker di era digital, yang mana karyawan perusahaan berkeinginan untuk dapat bekerja dari mana saja agar lebih produktif"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun