Pada hari Jumat, 18 Oktober 2024, saya berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Fun Game Fun Learning yang diadakan oleh American Corner Universitas Airlangga. Acara ini berlangsung di ASEEC Tower lantai 12, Universitas Airlangga Kampus B, dan dimulai dari pukul 15.30 hingga 17.30 WIB.
Acara ini tidak hanya menjadi ruang berbagi pengalaman, tetapi juga menguatkan gagasan bahwa pendidikan harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan interaktif.Â
Dengan tema "Help us to evaluate the education system and start from the root. It's time to upscale the method and make a fun learning experience for all," acara ini menjadi momentum refleksi bersama untuk menciptakan perubahan nyata dalam dunia pendidikan.
Film Dokumentasi: Guru dan Board Game di Kelas
Acara dibuka dengan pemutaran film dokumenter singkat yang menampilkan aktivitas para guru yang menggunakan board game sebagai media pembelajaran di kelas. Dokumenter ini menggambarkan bagaimana game dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
Film ini memberikan inspirasi, tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi para peserta yang hadir, yang terdiri dari pengajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Tentu saja, ini menjadi pengantar yang sangat relevan dengan topik yang saya bahas dalam sesi talk show.
Sebagai narasumber utama, saya berbagi perjalanan saya sebagai game designer profesional, menciptakan permainan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memiliki nilai edukasi yang mendalam. Beberapa karya saya yang saya bahas dalam sesi ini meliputi:
Waroong Wars
Board game ini mengajarkan strategi dan keterampilan manajemen usaha kecil. Pemain berperan sebagai pemilik warung yang berlomba-lomba menarik pelanggan sambil menghadapi tantangan bisnis.-
Cashflowpoly
Permainan ini mengajarkan konsep dasar perencanaan keuangan, seperti menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber, mengatur pengeluaran, menabung, hingga mencapai tujuan keuangan. -
Linimasa Card Game
Karya inovatif ini dirancang untuk membantu siswa belajar sejarah melalui permainan kartu yang interaktif. Linimasa Card Game hadir dalam tiga seri:- Sejarah Kemerdekaan RI
- STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)
- 25 Nabi dan Rasul
Dalam talk show ini, saya juga menekankan pentingnya game-based learning sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa, merangsang kreativitas, dan membantu mereka memahami konsep-konsep sulit dengan lebih mudah.
Saya juga berbagi pengalaman langsung tentang proses kreatif di balik pengembangan game edukasi, mulai dari riset, desain mekanik permainan, hingga uji coba di lapangan.
Bermain Linimasa Sejarah Card Game Bersama Peserta
Setelah sesi talk show, acara dilanjutkan dengan aktivitas bermain Linimasa Sejarah Card Game bersama puluhan peserta. Ini adalah momen di mana teori bertemu praktik.
Permainan ini dirancang untuk memudahkan pengajar menyampaikan materi sejarah dengan cara yang menyenangkan. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, dan mereka memainkan salah satu seri Linimasa, yaitu Sejarah Kemerdekaan RI.
Melalui permainan ini, para peserta belajar mengenal urutan peristiwa sejarah penting dengan cara yang lebih interaktif. Tidak hanya pengajar, mahasiswa dan peserta umum pun terlihat antusias mengikuti permainan.
Beberapa peserta bahkan mengungkapkan keinginan mereka untuk menggunakan permainan ini di tempat kerja atau lingkungan mereka, baik sebagai guru, pembimbing kegiatan belajar, maupun orang tua.
Penutupan dan Serah Terima Cinderamata
Acara diakhiri dengan sesi penyerahan cinderamata kepada saya sebagai narasumber dari panitia American Corner Universitas Airlangga. Ini adalah momen yang mengharukan karena terasa sekali semangat kolaborasi dalam menciptakan perubahan positif di dunia pendidikan.
Refleksi dan Harapan
Acara Fun Game Fun Learning ini adalah pengalaman yang sangat berharga. Saya melihat bahwa minat terhadap game-based learning semakin tinggi, terutama di kalangan pendidik dan mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai menyadari pentingnya pendekatan yang inovatif dan menyenangkan dalam pembelajaran.
Saya berharap acara seperti ini dapat terus digelar di berbagai tempat, sehingga lebih banyak pihak yang terinspirasi untuk menciptakan media pembelajaran interaktif seperti board game. Selain itu, saya juga berharap Linimasa Card Game dan karya-karya lainnya dapat digunakan secara lebih luas untuk mendukung pembelajaran di Indonesia.
Terima kasih kepada American Corner Universitas Airlangga yang telah memberikan saya kesempatan untuk berbagi, dan kepada semua peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam acara ini. Mari terus bergerak bersama untuk menciptakan pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga menyenangkan!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI