Mohon tunggu...
Adhicipta R.Wirawan
Adhicipta R.Wirawan Mohon Tunggu... Dunia Pendidikan berbasis Gamifikasi adalah Jalan Ninjaku

Dosen dan Desainer Game

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Inovasi Pelajaran Sejarah yang Seru dan Fun

30 September 2020   06:23 Diperbarui: 9 Oktober 2020   14:10 53 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inovasi Pelajaran Sejarah yang Seru dan Fun
battle-of-surabaya-5f73be4bd541df5fc2651118-5f800ce88ede4856a16e8d42.jpg

Pada bulan September lalu sempat tersebar isu bahwa mata pelajaran sejarah akan dihapuskan atau menjadi pilihan di tingkat SMA. Namun hal ini segera diklarifikasi oleh Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Lepas dari kontroversi yang ada, mata pelajaran sejarah memang perlu dikembangkan atau dicarikan cara baru dalam metode penyampaian materi agar lebih menyenangkan bagi para siswa.

Serunya Game dan Film Sejarah Tahun 80-an

Saya sendiri pada saat masih duduk dibangku sekolah dasar, tertarik pelajaran sejarah karena dipicu 2 hal, yaitu akibat nonton Film Indiana Jones dan bermain game PC Romance of Three Kindoms serta Nobunaga's Ambition di era 80-an. Film dan game inilah yang membuat saya menyukai romantika dari kisah-kisah sejarah yang seru. Rasa ingin tahu saya dari setiap tokoh dan peristiwa membangun rasa ingin tahu terhadap sejarah.

Film Indiana Jones membuat saya melihat kehidupan seorang arkeolog muda yang penuh petualangan dalam mencari harta karun di masa perang dunia kedua.  Pengetahuan saya tentang relik serta tempat bersejarah menjadi terbuka luas setelah menonton film ini. Lalu dilanjutkan dengan memainkan game-game Indiana Jones di PC.

Akibat sering menonton film Indiana Jones dan game-game dengan tema sejarah inilah yang membuat saya terinspirasi memikirkan pemanfaatan media yang sama untuk penyampaian pelajaran sejarah yang seru & fun.

Film & Game Tema Sejarah untuk digunakan di Kelas

Battle of Surabaya

Jika ingin mengembangkan film dengan tema sejarah membutuhkan biaya yang sangat besar. Beberapa film tema sejarah yang "cocok" untuk ditonton oleh pelajar diantaranya adalah film animasi layar lebar "Battle of Surabaya" yang ditayangkan pada tahun 2015. 

Film ini memilih latar belakang kemerdekaan RI, dimana Belanda berusaha merebut kembali Indonesia. Salah satu titik perlawanan terbesar adalah ketika Belanda bersama sekutu merebut wilayah Surabaya yang merupakan lokasi strategis di Indonesia.

Selain Battle of Surabaya (BOS) ada media board game dengan tema sejaraha yang bisa dimainkan yaitu Linimasa Sejarah Card Game. Linimasa sejarah card game adalah sebuah permainan menebak urutan sejarah dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Linimasa sejarah card game ini terdiri dari beberapa seri, yaitu seri Kemerdekaan RI, seri para pencipta di bidang Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematic. dan Seri Kisah 25 Nabi dan Rasul. 

tangkapan layar dari lama ecommerce
tangkapan layar dari lama ecommerce

Linimasa Sejarah Card Game

Linimasa Sejarah Card Game ini banyak dimainkan di sekolah dan dirancang untuk digunakan sesuai Kurikulum 2013. Para guru dan siswa bisa bermain dengan cara yang sangat mudah dan menyenangkan.

Apalagi telah banyak Penelitian Tindakan Kelas yang membuktikan bahwa penggunaan Linimasa Sejarah Card Game dapat meningkatkan prestasi belajar dibandingkan dengan metode ceramah.

KESIMPULAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN