Mohon tunggu...
AdFiksi
AdFiksi Mohon Tunggu... ad[F]iksi Adik si Fiksi 😜 Apapun, #Fiksikan saja! adFiksi.com

ad[F]iksi Adik si Fiksi 😜 Apapun, #Fiksikan saja!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Memecahkan Fitur Anti Copy Paste pada Platform Penulisan ini (Wattpad, Storial, Plukme) Sangatlah Mudah!

17 Juni 2018   12:14 Diperbarui: 23 Mei 2019   16:47 0 1 0 Mohon Tunggu...
Memecahkan Fitur Anti Copy Paste pada Platform Penulisan ini (Wattpad, Storial, Plukme) Sangatlah Mudah!
Copy Paste vs Wattpad, Storial, Plukme - adFiksi.com

Copy-Paste (Ctrl+C Ctrl+V on PC, or Command+C Command+V on Mac) bukanlah pelanggaran berat, juga bukan sebuah kejahatan, apabila diterapkan pada hal yang sah, legal, dan diperbolehkan. Bagaimana kalau sebaliknya? Tentu saja itu sebuah pelanggaran, dan ada konsekuensinya.

Dalam dunia tulis-menulis, copy-paste sangatlah membantu dan bisa jadi melenakan. Siapa sih yang gak demen copy paste? Semua pasti bilang menyukainya. Karena, berpikir dan mengetik, menulis sendiri sangatlah melelahkan, bukan?. Namun apa pun itu, bagaimana pun itu, seseorang dapat terjerumus dalam sisi gelap copy-paste, Plagiarism.

Dengan meningkatnya budaya copy-paste belakangan ini, yang juga menimpa generasi muda, para pelajar / mahasiswa yang sedang menyusun makalah, skripsi, dan tugas sejenisnya. Bermunculanlah Writter (Blogger, Author) "baik hati" maupun "pelit" yang berbondong-bondong memproteksi tulisannya dari aksi copy-paste dengan niat yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama, Anti-Plagiat.

Hal senada juga ditunjukkan oleh beberapa platform tulis-menulis, yang begitu perhatiannya pada dirimu penulis, mengenai hak cipta. Sekaligus mengajari dirimu pun diriku untuk lebih menghargai karya orang lain. Copas boleh saja, selama masih sesuai ketentuan yang berlaku. Tapi, mengakui tulisan orang lain yang di-copy-paste, sebagai tulisannya adalah .... (isi sendiri, kamu-kamu sudah pada paham!).

Writing platform yang saya coba, diantaranya Wattpad, Storial, Plukme. Ketiga platform tersebut dibahas di sini karena menarik, dan cukup populer, plus fitur Anti Copy Paste yang mungkin disukai para penulis ---tidak disukai para plagiat.

Baiklah, kita lanjut membahas perihal anti copy paste pada ketiga platform tulis-menulis ini.

Saya ingatkan (gak penting sih) , kamu-kamu sedang membaca artikel berjudul "Memecahkan Fitur Anti Copy Paste pada 3 Platform Menulis ini (Wattpad, Storial, Plukme), Sangatlah Mudah!"

Seperti yang kita sama-sama tahu, apabila ada laman blog yang sulit di copy paste tulisannya, biasanya akan disarankan untuk menonaktifkan javascript pada browser (Googling aja, sudah banyak yang membahas kok!) Apakah cara seperti ini masih dapat diterapkan pada konten tulisan yang ada di Wattpad, Storial, Plukme? Mari kita bahas.

Wattpad

Saat berkunjung ke laman Wattpad pada kondisi normal, klik kanan tidak muncul, konten tulisan dapat diseleksi, namun tentu tidak dapat di copy paste. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3