Mohon tunggu...
Ade Rahmat
Ade Rahmat Mohon Tunggu... Ekonomi & Politik

Berikan saya sesuatu yang paling sulit, saya akan belajar

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Esemka dan Livi Zheng dalam Lingkaran Post-truth?

7 September 2019   19:24 Diperbarui: 7 September 2019   19:31 504 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Esemka dan Livi Zheng dalam Lingkaran Post-truth?
Gambar : hasil edit

Post-truth

Tahun 2016 kamus oxford menobatkan post-truth sebagai word of the year. Kata post-truth meningkat penggunaannya sampai 2000 persen dibanding tahun sebelumnya. Penyumbang penggunaan kata post-truth adalah Pemilu AS yang dimenangkan oleh Donald Trump dan brexit Britania Raya. 

Kata post-truth sendiri sebenarnya telah digunakan pada tahun 1992 oleh Steve Tesich dalam 2 artikel di majalah The Nation yang menyatakan bahwa " We, as a free people. have freely decided that we want to live in some post-truth world".

Post-truth sendiri merujuk pada sebuah kebohongan atau opini yang terus-menerus dibicarakan akan menjadi sebuah kebenaran. Post-truth terjadi karena emosi atau perasaan dikedepankan sedangkan objektivitas dikesampingkan. Dalam kasus post-truth biasanya hanya terjadi pada peristiwa politik. Karena peristiwa politik cenderung menggunakan perasaan dalam mengambil keputusan atau pilihan.

Presiden Donald Trump menjadi salah seorang yang sukses dengan post-truth. Pada masa kampanye Trump dinilai mengeluarkan kebohongan dan klaim sepihak atas suatu isu tapi tetap saja kenyataannya Donald Trump memenangkan Pemilu AS. Padahal harian new york times telah melakukan pemeriksaan fakta-fakta atas pernyataan yang dilontarkan Trump. Namun publik AS opininya terlanjur sudah terbangun oleh kata-kata Donald Trump.

Esemka

Kunjungan Presiden RI ke PT Solo Manufaktur Kreasi menjadi salah satu perbincangan hangat hari ini. Sudah hampir 4 jam esemka bertengger di top topic media sosial. Entah apa yang menjadi fokus Jokowi mengunjung pabrik esemka karena banyaknya asumsi yang terbangun pasca kunjungan Jokowi. Apakah Jokowi ingin membuktikan pada publik yang seolah memberikan angin surga menjadi Walikota Solo atau ada agenda lain?

Ramainya pembicaraan mengenai esemka tidak terlepas dari publik yang belum move on pasca Pilpres. Karena banyak yang memakai isu ini dari kalangan pendukung maupun simpatisan pasangan calon presiden kemarin. Karena bagaimana pun esemka adalah salah satu penyumbang terbesar yang menjadikan Jokowi duduk di kursi gubernur DKI maupun presiden. Pertanyaan selanjutnya yaitu apakah esemka merupakan bagian post-truth?

Jika ingatan kita diputar kebelakang, pemberitaan media terkait Jokowi selama meniti karir sebagai Walikota Solo sebagian besar diisi dengan dua berita utama yaitu esemka dan relokasi pasar. Dua hal ini terutama esemka terus di genjot media guna menaikan popularitas Jokowi. Hingga pada akhirnya Jokowi punya kesibukan lain yaitu bolak-balik Jakarta menghadiri undangan stasiun televisi.

Esemka yang masih abu-abu menjadi salah satu penyumbang suara terbesar Jokowi pada Pilkada DKI dan Pilpres 2014.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x