Mohon tunggu...
Adelia Alivia
Adelia Alivia Mohon Tunggu... Freelancer - Pelajar

Saya gemar bermain game dan berselancar di media sosial

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Based Learning di SMKN 50 Jakarta!

1 Mei 2024   22:29 Diperbarui: 1 Mei 2024   22:31 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan saya Adelia Alivia, salah satu murid di SMKN 50 Jakarta Timur. Sudah hampir 1 tahun saya belajar di SMKN 50. Saya bisa katakan bahwa SMKN 50 adalah sekolah yang sangat berkualitas, baik dari segi fasilitas maupun pembelajaran yang di berikan oleh masing masing guru. SMKN 50 juga merupakan sekolah yang dapat di jadikan wadah untuk siswa-siswi yang ingin mengembangkan prestasinya, melalui ekstrakurikuler, lebih dari 15 ekstrakurikuler yang ada pada sekolah ini. Setiap ekstrakurikuler berjalan dengan baik tentunya rutin mengadakan pelatihan atauapun mengikuti perlombaan

Dalan segi pembelajaran juga sangat berkualitas, setiap guru mempunyai cara nya masing masing untuk menjadikan kelas nya lebih menarik bagi setiap siswa. Salah satunya dengan metode "Based Learning" yang di gagas oleh Bapak Dedi Dwitagama selaku Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta. 

Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Dimana dalam kegiatan Based Learning itu siswa-siswi kompak mengunjungi area Kebun Raya Bogor dengan bertujuan untuk mengeksplorasi Kebun Raya Bogor dan melakukan analisis pengeluaran setiap siswa-siswi dalam 1 kelas yang nanti nya akan digunakan untuk media pembelajaran yang sesuai dengan materi Matematika "Statistika". Dimana nantinya setiap siswa-siswi akan melaksanakan pengumpulan data tersebut yang nantinya akan di lanjutkan ke bagian "Mean, Median dan Modus dari pengeluaran setiap murid.

Dengan Pembelajaran Based Learning tentunya Murid dapat memetik manfaat, diantara lain:
1. Memberikan landasan yang kuat dalam memecakan masalah
2. Meningkatkan hasil belajar siswa
3. mendorong siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri melalui pemecahan masalah nyata dan situasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
4. Pemikiran kritis siswa dan pemikiran kreatif siswa dapat dikembangkan
5. Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun