Mohon tunggu...
ADELIA DWIPRISTANTI
ADELIA DWIPRISTANTI Mohon Tunggu... MAHASISWA PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

MAHASISWA PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bahasa Indonesia: Sejarah dan Hubungannya dengan Sumpah Pemuda

29 Oktober 2020   22:11 Diperbarui: 30 Oktober 2020   07:57 89 0 0 Mohon Tunggu...

Bahasa Indonesia : Sejarah dan Hubungannya dengan pancasila

Nama : Adelia Dwi Pristanti

NIM : 2130020026

Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat

Tak dipungkiri memang penting untuk mempelajari bahasa asing, tapi alangkah jauh lebih baik kita tetap memperdalam mengenai bahasa indonesia. Untuk itu, kita perlu mengetahui informasi mengenai sejarah dan perkembangan bahasa indonesia. Yang harus dipelajari pertama ialah tentang sejarah bahasa indonesia. 

Sejarah Bahasa Indonesia, Bahasa indonesia adalah standarisasi bahasa melayu, yang digunakan sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara indonesia. Bahasa melayu sebeumnya untuk lingua franca perdagangan pada masa kerajaan sriwijaya dan kesultanan malaka.

Pada masa sriwijaya ini, bahasa melayu menyerab banyak kata serapan dari bahasa sansekerta, sebagai pengaruh kebudayaan india dan agama hindu budha yang dominan pada masa ini. 

Dan pada Kesultanan malaka yang berdiri pada 1400 hingga 1511, penggunaan bahasa melayu meningkat, dan tidak hanya sebagai bahasa perdagangan tetapi digunakan sebagai bahasa pengantar dalam penyebaran agama islam. Pada masa ini, bahasa arab masuk ke dalam bahasa melayu.

Bahasa melayu dibakukan menjadi bahasa indonesia , yang diresmikan sebagai bahasa pemersatu dalam SUMPAH PEMUDA pada tanggal 28 Oktober 1928. Dan juga diresmikan dalam UUD 1945 pasal 36 , yang menyatakan bahwa " bahasa negara ialah bahasa indonesis " . 

Maka , sumpah pemuda adalah sebuah peritiwa penting untuk mengawali perjuangan identitas bangsa. sesuai dengan isinya yang ada 3 pilar, yaitu kesamaan tanah air, kesamaan sebangsa dan senasib dan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan. adanya peristiwa sumpah pemuda ialah mengukuhkan bahasa indonesia menjadi bahasa yang diakui dan dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa. 

Disini bisa ditarik kesimpulan bahwa sumpah pemuda , bahasa indonesia menjadi lebih terkenal dan sudah seharusnya dibanggakan oleh masyarakat indonesia. sebelum mengakhiri tulisan ini, menjadi perhatian juga, bahwa bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan tidak menyampingkan bahasa daerah yang telah ada apalagi sampai menghilangkannya. bahasa indonesia dalam kedudukannya ialah sebagai identitas negara. jadi marilah kita bangga dengan bahasa indonesia. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x